Bupati Malang : Jalan Di Jambangan yang Rusak Dalam Seminggu Akan Dibangun

Eko Rudianto
14 Juli 2023 | 05.26 WIB Last Updated 2023-07-18T08:05:54Z

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Pemerintah Kabupaten Malang melaksanakan kegiatan Subuh Keliling (SULING) dengan tujuan mempererat tali silaturahmi dan memperkuat hubungan antar jamaah di Masjid Jami' Sarikerto Jambangan. Kegiatan yang diadakan pada Jum'at, 14 Juli 2023, pukul 04.20 WIB ini juga memberikan pelayanan masyarakat yang meliputi pengurusan administrasi kependudukan dan kesehatan gratis.

Acara ini berdasarkan surat undangan yang diterbitkan oleh Kepala Desa Jambangan, Nomor 474/015/35.07.05.12/2023 tentang Surat Undangan. Dalam kegiatan Subuh Keliling tersebut, selain Sholat Shubuh berjamaah, juga diadakan pelayanan publik oleh Dinas Kependudukan dan Dinas Kesehatan. Dinas Kependudukan menyediakan layanan pengurusan KTP, Akte, dan sejenisnya, sedangkan Dinas Kesehatan memberikan pengobatan gratis dan pendaftaran BPJS.

Ustadz Muslihin, Ketua Takmir Masjid Jami' Sarikerto Jambangan, menyampaikan sejarah Masjid Jami' Sarikerto yang telah berdiri selama 100 tahun. Masjid ini diwaqafkan oleh Mbah Delok Sarikerto dan dibangun pada tahun 1918. Pada tahun 2014, masjid ini direnovasi dengan mempertahankan keaslian bangunannya, termasuk tembok-tembok dan langit-langit yang terbuat dari bambu, sesuai pesan dari sesepuh.

"Masjid ini telah berumur 100 tahun dan direnovasi pda 2014 namun ada pesan dari sespuh untuk tidak dihilangkan tembok dan langit-langit khas dari Bambu, semoga masjid ini semakin berkah hari ini mendapatkan kehormatan dihadiri Bapak Bupati beserta rombongan dan seluruh masyarakat," tutur Ustadz Muslihin.

Ustadz Muslihin juga mengucapkan terima kasih kepada DMI (Dewan Masjid Indonesia) yang telah membantu dalam pengurusan waqaf dan sertifikat tanah. Ia juga menjelaskan bahwa Desa Jambangan telah selesai dibangun, khususnya infrastruktur jalan, sehingga akses mobilitas penduduk, termasuk akses pendidikan, menjadi lebih mudah. Ustadz Muslihin berharap kehadiran Bupati beserta rombongan dan masyarakat dapat memberikan berkah bagi masjid dan seluruh wilayah Jambangan.

KH. Imam Sibaweh, Ketua Dewan Masjid Indonesia Daerah Kabupaten Malang di Dampit, mengungkapkan harapannya agar semua masjid di Kabupaten Malang dapat menjadi berkah seperti Masjid Jami' Sarikerto Jambangan. Ia juga menjelaskan bahwa Subuh Keliling diadakan untuk mendorong masyarakat dalam membiasakan diri untuk melaksanakan sholat berjamaah, sekaligus sebagai program resmi Pemerintah Kabupaten Malang.

Imam Sibaweh menekankan bahwa pengurusan sertifikat tanah dan waqaf gratis ditingkat daerah maupun provinsi harus menjadi motivasi bagi masyarakat agar tidak hanya membangun masjid yang bagus, tetapi juga memperbanyak jumlah jamaah yang hadir.

"Pengurusan Sertifikat Tanah dan Wakaf gratis ditingkat daerah maupun provinsi, ini harus menjadi motivasi agar tidak hanya masjidnya yang bagus namun jamaahnya juga ramai" ujar Kyai Sibaweh.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Bupati Malang, Sekda Kabupaten Malang, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Malang, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Kapolres Malang, Kepala Basnaz Kabupaten Malang, Ketua PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) dan Banom (Badan Otonom) NU, Muspika (Muskif) Kecamatan Dampit, Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Se-Kecamatan Dampit, jajaran pengurus ORMAS (Organisasi Masyarakat), Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Malang, Ketua Dewan Masjid, FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama), Perangkat Desa Se-Kecamatan Dampit, serta seluruh masyarakat Desa Jambangan dan sekitarnya.

Pada rangkaian acara tersebut, terdapat penyerahan ambulan kepada DPC KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kabupaten Malang, penyerahan ambulan kepada RAPI (Rumah Amal Peduli) Kabupaten Malang, dan penyerahan bantuan bencana alam secara simbolis kepada masyarakat di Kecamatan Dampit. Semua kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari upaya pemerintah dan masyarakat dalam memperkuat hubungan sosial, memperhatikan kebutuhan masyarakat, dan memberikan bantuan dalam situasi darurat. (eko)




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Malang : Jalan Di Jambangan yang Rusak Dalam Seminggu Akan Dibangun

Trending Now