Kembara Republik Gubuk, Membuka Jendela Literasi, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat

Eko Rudianto
17 Juli 2023 | 19.51 WIB Last Updated 2023-07-18T09:40:19Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Malang, 20 Juni 2023 - Republik Gubuk berkolaborasi dengan (ELVERN) Kelompok Praktikum Public Relations 3 Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang, dengan bangga mengumumkan acara main event mereka, yaitu “Kembara Republik Gubuk - Pethuk Putuk”. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 22-23 Juli 2023 di Dusun Putukrejo, Desa Kemantren, Kecamatan.

Konsep besar Kembara Republik Gubuk menghadirkan filosofi “Kembara” sebagai perjalanan penuh petualangan yang mengundang masyarakat untuk mengenal Republik Gubuk, sebuah komunitas yang aktif di bidang literasi, budaya, dan pemberdayaan masyarakat.

Kembara Republik Gubuk menjadi konsep besar dari rangkaian tiga event yang terdiri dari Pra Event "1001 Buku", Main Event "Pethuk Putuk ", dan Pasca Event "Sambang Republik Gubuk".

PETHUK dalam makna Jawa adalah "temu atau jumpa". Kepethuk berarti bertemu atau berjumpa. PUTUK dalam kamus bahasa Jawa bermakna "Gunung kecil". Selain itu, Putuk telah menjadi nama bagi banyak desa di Nusantara ini, termasuk Dusun Putuk Rejo di Desa Kemantren yang akan menjadi tempat acara Festival Kembara Republik Gubuk.

PETHUK PUTUK adalah sebuah momen untuk menjumpakan dan mempertemukan banyak orang, sahabat, perbedaan, kegembiraan di Dusun Putuk Rejo. Momen ini juga menjadi cara sederhana untuk banyak orang untuk dapat mengunjungi Dusun Putuk Rejo untuk bertemu dan berjumpa dengan warga Putuk yang memiliki segala keramah-tamahan serta potensinya. Terlebih PETHUK PUTUK bisa menjadi cara agar banyak orang mengetahui keberadaan Gubuk baca dengan seluruh kegiatan dan manfaatnya.

Dengan rangkaian acara yang meliputi Pasar Rakyat, Suasana Tempo Doeloe workshop, pameran, dan pagelaran budaya, acara ini dirancang untuk membuka jendela baru bagi peserta acara untuk mengembangkan keberanian dan menemukan potensi diri mereka.

Dengan tema "Menggali Literasi, Memahami Budaya, dan Memberdayakan Masyarakat," Kembara Republik Gubuk bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Republik Gubuk dan mengangkat Kampung Putukrejo itu sendiri. Acara ini juga bertujuan untuk membangkitkan minat dan kepedulian masyarakat terhadap kegiatan yang diselenggarakan oleh Republik Gubuk, serta mempromosikan keragaman budaya, dan kuliner lokal.

"Kembara Republik Gubuk - Pethuk Putuk" akan menawarkan berbagai kegiatan menarik, seperti seminar inspiratif, diskusi interaktif, pameran, dan pagelaran budaya yang memikat. 

Para peserta acara akan diberikan kesempatan untuk mengikuti workshop pembuatan topeng bubur kertas dan ukir miniatur, belajar fotografi/videografi menggunakan smartphone, berpartisipasi dalam kegiatan mewarnai topeng bubur kertas, serta mendalami seni storytelling dalam penulisan berita. Selain itu, akan ada juga workshop aeromodelling yang menarik. Kegiatan-kegiatan ini akan dibagi menjadi kelompok khusus untuk siswa sekolah dasar dan kelompok terbuka untuk umum.

Pameran dalam acara ini akan memperlihatkan sejarah Republik Gubuk, perkembangan komunitas, dan kolaborasi dengan berbagai kampus. Pameran juga akan menampilkan karya-karya anak-anak Gubuk Baca yang menginspirasi, serta benda-benda budaya tradisional. Tidak ketinggalan, "Wall of Apresiasi" akan didedikasikan untuk menghargai donatur yang telah menyumbangkan 1001 buku kepada Republik Gubuk.

Acara Kembara Republik Gubuk memiliki tujuan yang jelas. Pertama, meningkatkan kesadaran masyarakat di wilayah Malang Raya tentang peran Republik Gubuk sebagai komunitas literasi, budaya, dan pemberdayaan masyarakat. Kedua, menarik minat mahasiswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan literasi yang diselenggarakan oleh Republik Gubuk. Ketiga, meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya gerakan literasi dalam pengembangan pribadi dan kemajuan sosial.

Kembara Republik Gubuk mengundang seluruh komunitas literasi dan budaya Malang, pemusik dari Jabung, presiden Republik Gubuk, anak-anak sekolah dasar, Mahasiswa, serta masyarakat umum untuk hadir dalam acara ini.

Tak sampai di Kembara Republik Gubuk, selanjutnya masih ada rangkaian acara menarik lainnya, yaitu Sambang Republik Gubuk sebuah eduwisata yang akan dilaksanakan pada 30 Juli 2023. Sambang Republik Gubuk merupakan acara pasca yang memberikan kesempatan bagi pengunjung "Kembara Republik Gubuk" untuk mengunjungi Republik Gubuk secara langsung dengan menjelajahi suasana di Republik Gubuk. Tujuan dari acara ini adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang gerakan literasi yang dilakukan oleh Republik Gubuk serta memberikan kesempatan berinteraksi langsung dengan anak-anak Gubuk Baca. Dalam Sambang Republik Gubuk terdapat beberapa acara seperti Penampilan tarian oleh anak Gubuk Baca, Berinteraksi dengan anak Gubuk Baca melalui permainan tradisional.

Republik Gubuk percaya bahwa acara "Kembara Republik Gubuk - Pethuk Putuk" akan memberikan nilai pemberdayaan melalui workshop yang mengembangkan keterampilan, menampilkan hasil karya anak-anak Gubuk Baca, serta mendukung dan mempromosikan kebudayaan. Acara ini juga diharapkan dapat menjadikan Republik Gubuk kolaborator pilihan mahasiswa Malang Raya dalam kegiatan yang melibatkan pihak luar dan untuk kepentingan penelitian, pengabdian, pemberdayaan, kolaborasi, serta kegiatan akademik lainnya, sehingga memberikan dampak positif yang luas dan berkelanjutan bagi masyarakat.

Tentang Republik Gubuk:

Republik Gubuk adalah sebuah organisasi yang didirikan pada tanggal 21 September 2018 dengan fokus utama pada kegiatan literasi. Republik Gubuk mengoperasikan 46 Pondok Baca (Gubuk Baca) di wilayah Malang Raya. Dipimpin oleh Fachrul Alamsyah, Republik Gubuk memiliki lebih dari 300 pengasuh Gubuk Baca dan melayani sekitar 500 siswa mulai dari TK hingga SMA. Dengan kerjasama dan komitmen dari seluruh anggota, Republik Gubuk telah mendapatkan penghargaan kategori Komunitas dari PERPUSNAS (Perpustakaan Nasional) pada tahun 2017.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara Kembara Republik Gubuk dan Sambang Republik Gubuk, termasuk tanggal, lokasi, dan cara pendaftaran, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

 


Contact Person

+62 857-8517-9660 (Nadila Dwi Hartanti - Ketua Kelompok ELVERN)

+62 888-0546-4536 (Mohamad Ainul Yakin - Humas Republik Gubuk)

+62 813-3432-2211 (Jamroji, S.Sos., M.Comms - Dosen Pengampu)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kembara Republik Gubuk, Membuka Jendela Literasi, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat

Trending Now