UM Komitmen Mitigasi Bencana, Melalui Kegiatan SPAB Terintegrasi Asistensi Mengajar (AM)

Eko Rudianto
11 Juni 2023 | 15.09 WIB Last Updated 2023-06-11T10:29:47Z

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM Universitas Negeri Malang terus berkomitmen terhadap program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). SPAB ini kemudian diintegrasikan melalui kegiatan Asistensi Mengajar (AM), salahsatu contoh kegiatan SPAB yang terintegrasi Asistensi Mengajar ini yang dilakukan oleh tim Asistensi Mengajar dari S1 Pendidian Akutansi Universitas Negeri Malang. 

Dwi Cahya bersama 6 Mahasiswa lainnya mengadakan Sosialisasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Kebakaran kepada Siswa SMKN 1 Turen. Dihadiri oleh seluruh Siswa Kelas X Jurusan Akutansi, Ketua Kelas X, Perwakilan OSIS dan Perwakilan PMR SMKN 1 Turen. Sosialisasi ini memiliki tema 'Cepat Tanggap Hadapi Bencana'.

Sejalan dengan itu sosialisasi ini bertujuan memberikan pengarahan dan informasi kepada siswa/siswi SMKN 1 Turen tentang pengetahuan dasar untuk menghadapi gempa bumi dan kebakaran serta memberikan edukasi tindakan yang harus dilakukan ketika terjadi bencana gempa bumi dan kebakaran. 

Bertempat di Graha Saraswati SMKN 1 Turen pada pukul 10.00 hingga 12.00 WIB pada 30 Juni 2023 acara berjalan dengan lancar, peserta terlihat antusias dengan pemateri dari Taruna Tanggap Bencana (TAGANA) Kabupaten Malang. Selain itu, acara ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama adalah penyampaian materi secara ruangan kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua simulasi dilapangan.

Kepala program Keahlian Jurusan Akutansi SMKN 1 Turen   Retno Mayasari, S.Pd menyampaikan dalam sambutanya mengatakan potensi terjadi bencana gempa dan kebakaran di SMKN 1 Turen bisa kapan saja terjadi, sehingga dengan sosialisasi diharapkan bisa membawa ilmu yang bermanfaat bagi seluruh siswa. 

"Di SMK Negeri 1 Turen dulu pernah terdampak bencana gempa bumi, meski itu tidak terlalu parah. Namun demikian kita perlu waspada terhadap bencana yang ada. Kemudian saya melihat anak-anak ini kalau ada gempa bumi itu selalu panik. Harapan saya dengan adanya kegiatan ini, jika suatu saat bencana gempa bumi terjadi saya harapkan kalian tenang tidak berlali berjubel turun lewat tangga dengan keadaan panik. Sehingga kalian bisa menyikapi hal tersebut dengan tenang. Selain gempa bumi, dalam kegiatan ini ada juga sosialisasi mitigasi tentang kebakaran, yang mana itu dapat terjadi misal di laboratorium komputer karena korsleting listrik atau di labortorium boga karena kebocoran gas, disini saya juga berharap anak-anak bisa menyikapi hal tersebut dengan benar mungkin nanti bagaimana cara memadamkan api dengan APAR atau kain basah. Sehingga secara keseluruhan saya harapkan kalian yang datang di Graha Saraswati ini setelah selesai acara bisa membawa ilmu yang bermanfaat bagi diri pribadi maupun orang sekitar" Ujar Retno

Kepala sekolah SMKN 1 Turen yang diwakili oleh Humas Dra. Lilik Yulaika, M.Pd berharap siswa memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai mitigasi bencana untuk diterapkan dan disebarluaskan kepada orang sekitar.

"Sebagai generasi penerus bangsa, tentunya kami harapkan anak-anak memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai mitigasi bencana. Kemudian anak-anak juga bisa menyampaikan pengetahuan yang di dapat dalam kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana ini kepada orang sekitarnya yang mana hal ini tentunya sangat bermanfaat di kemudian hari. Pesan kami, simak dengan baik kegiatan ini, serap ilmu yang ada di dalamnya dan kalian yang hadir di Graha Saraswati hari ini diharapkan menjadi frontliner kepada teman yang lain untuk menyampaikan pengetahuan mitigasi bencana yang ada dan tunjukkan bahwa kalian adalah anak-anak hebat" ungkap Lilik

Terakhir Dwi Cahya, Sebagai Koordinator AM berharap kegiatan Sosiaslisasi tersebut dapat memberikan rasa aman kepada siswa dalam melakukan kegiatan di sekolah serta lebih siap dan tidak panik dalam menghadapi bencana yang berpotensi terjadi.

"Resiko memakan korban dalam bencana gempa bumi dan kebakaran dapat diperkecil dengan adanya sosialisasi mitigasi bencana. Oleh karena itu program kegiatan ini kami tujukan kegiatan dan diharapkan akan memberikan edukasi terhadap siswa/siswi di SMK Negeri 1 Turen agar mereka dapat melakukan perlindungan terhadap diri mereka sendiri maupun orang lain sehingga meminimalkan terjadinya kerugian dan memperkecil adanya korban. Kegiatan sosialisasi mitigasi bencana ini juga diharapkan dapat membuat siswa SMK Negeri 1 Turen merasa aman  dalam melakukan aktivitasnya di sekolah, lebih siap dan tidak panik dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana" Tutur Dwi
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • UM Komitmen Mitigasi Bencana, Melalui Kegiatan SPAB Terintegrasi Asistensi Mengajar (AM)

Trending Now