Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Pendaftaran Pirt Serta NIB di Pasar Tugu Nganjuk oleh Mahasiswa KKN

Admin JSN
28 April 2023 | 18.05 WIB Last Updated 2023-04-28T11:08:21Z

NGANJUK | JATIMSATUNEWS.COM: Mahasiswa KKN-T UNESA Kelompok 3 dengan beranggotakan 15 orang gelar Pasar Tugu dalam rangka meningkatkan jiwa berwirausaha dan perekonomian masyarakat Kabupaten Nganjuk khususnya Kelurahan Mangundikaran. Pasar Tugu ini berdekatan dengan letak balai kelurahan Mangundikaran.

Keunikan dari Pasar Tugu sendiri ini yakni hanya ada di hari sabtu sore ba’da ashar dan di hari minggu setelah pelaksanaan senam bersama para UMKM di Kelurahan Mangundikaran. Untuk membuat ramai acara Pasar Tugu ini mahasiswa KKN-T Kelompok 3 memberikan penampilan live music agar mampu menarik pengunjung serta mempermudah mahasiswa KKN-T dan para UMKM untuk memperkenalkan produknya kepada pengunjung. Beberapa produk yang di tawarkan oleh UMKM di Pasar Tugu ini seperti jajanan kering, keripik-keripik, masakan matang, kopi hasil racikan khas para UMKM dan masih banyak lagi.

Adanya Pasar Tugu ini sebagai ajang untuk meningkatkan semangat berwirausaha masyarakat Kelurahan Mangundikaran, karena hingga saat ini semangat UMKM Kelurahan Mangundikaran untuk berjualan di Pasar Tugu masih sangat rendah. Kebanyakan dari mereka sudah takut tidak laku dulu,” ujar Bu Sitta salah satu kader UMKM di Kelurahan Mangundikaran.



Tentu sebagai Kelompok dengan tema kewirausahaan melakukan rebranding agar Pasar Tugu bisa ramai. Selain dengan memberikan pertujukan berupa live music. Mahasiswa KKN-T Kelompok 3 juga melakukan  kegiatan pendaftaran PIRT dan NIB secara GRATIS kepada UMKM yang ada di Kelurahan Mangundikaran tersebut. Hal tersebut dilakukan dengan cara door to door atau mendatangi satu-satu rumah para UMKM di Kelurahan Mangundikaran. Pada pendaftaran PIRT dan NIB inilah salah satu momentum yang baik untuk mahasiswa KKN-T memperkenalkan Pasar Tugu ke para UMKM di Kelurahan Mangundikaran.

Dengan adanya pendaftaran PIRT dan NIB ini mampu mengajak para UMKM Kelurahan Mangundikaran untuk turut serta memeriahkan Pasar Tugu. Selain itu, pendaftaran PIRT dan NIB ini mampu mempermudah para UMKM untuk mendaftarkan izin produknya,” ujar Koko selaku ketua Kelompok 3.

Mahasiswa KKN-T Kelompok 3 berharap nantinya Pasar Tugu ini dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan setiap sabtu dan minggu. Sehingga dapat membantu para UMKM dalam memperkenalkan produknya ke masyarakat luas. Selain itu, adanya kegiatan ini juga di harapkan mampu menambah tali silahturahmi antar UMKM di Kelurahan Mangundikaran.

Penulis: Fatimah Kurnia Maharani_P.IPS 2020A_UNESA

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pendaftaran Pirt Serta NIB di Pasar Tugu Nganjuk oleh Mahasiswa KKN

Trending Now