Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Timbangannya Pakai Perasaan, Sayur Segar Favorit Pengunjung Kafe Sawah Pujon Kidul Berharga Sepuluh Tiga

Admin JSN
21 Mei 2022 | 18.40 WIB Last Updated 2022-05-21T11:52:32Z
Aziz melayani pembeli ibu-ibu dari desa Tambak Rejo Pasuruan. Timbangannya Pakai Perasaan, Sayur Segar Favorit Pengunjung Kafe Sawah Pujon Kidul Berharga Sepuluh Tiga 
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Sebagai penghasil sayur, Pujon merupakan produsen aneka sayur segar. Mendapatkan sayuran berkualitas baik sangat mudah di kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Kol, wortel, sawi, kentang, daun bawang, tomat adalah di antara hasil pertanian masyarakat Pujon, termasuk desa Pujon Kidul.

Hal yang terlihat pula di Kafe Sawah Pujon Kidul. Aneka sayur terlihat menghiasi pelapak dengan kondisi yang sangat baik. 

"Masih segar, kami mengambil dari bakul yang baru beli juga dari petani," tutur Gito yang mempunyai lapak di depan Kafe Lumintu area Kafe Sawah Pujon Kidul.

Masih segar dan bagus harga yang ditawarkanpun cukup ramah kantong. Cukup sepuluh ribu dapat 3 jenis maka pengunjung sudah bisa membawa pulang sayuran tersebut.

"Sayurnya bagus-bagus ya. Saya mau beli buat oleh-oleh di rumah," terang salah satu pengunjung wanita yang mengaku bernama Ana, istri Sekdes Tambak Rejo Kraton Pasuruan disepakati kawan-kawannya satu rombongan.

"Lha yang digemari pengunjung paket sepuluh tiga ini apa, maka kami pun mengemas sesuai favorit pengunjung. Hitungan berat tidak pakai timbangan tapi cukup pakai perasaan," cetus Gito, lelaki petani sayur juga yang pada Sabtu 21 Mei 2022 gelar sayur segar di lapaknya.

Mengaku sudah berjualan di Kafe Sawah tahunan, Gito merasa beruntung ada Kafe Sawah. Ada tempat jualan yang tidak jauh dari rumah. Menjadi sumber pencaharian keluarganya juga.

"Alhamdulillah ada Kafe Sawah ini. Warga Pujon Kidul sangat terbantu, menjadikan sebagai lahan mengais rezeki bekerja," cetus Gito yang saat berjualan dibantu lelaki muda ramah dan cekatan bernama Aziz. 

Tentang warga yang mengambil peran sebagai pemanfaat Kafe Sawah, Ilham ketua Pokdarwis membenarkan. 
Ketua Pokdarwis Ilham dan Marketing Fauzi
"Perkiraan ada sekitar 604 KK yang terimbas positif dari keberadaan Kafe Sawah ini. Memberi pengaruh ekonomi dalam keluarga sebagai salah satu sumber penghasilan," papar Ilham, lelaki yang juga mantan pemain sepak bola profesional seraya menyebut pekerja lain seperti tukang parkir yang juga dijalankan warga Pujon Kidul.

Terus melakukan inovasi dan beragam trik marketing, Kafe Sawah Pujon Kidul memang terlihat selalu ramai.

"Hitungan rata-rata tiap hari ada sekitar 4000 pengunjung. Baik yang ikut paket wisata maupun yang datang personal atau bersama keluarga," papar Fauzi, Marketing Kafe Sawah Pujon Kidul yang ikut menemani Ilham menjelaskan keadaan terkini Kafe Sawah Pujon Kidul kepada Jatim Satu News.

"Konsistensi pengunjung ini tak lepas dari Kunci 4 S 12, yang merupakan langkah sukses desa Pujon Kidul dalam mengelola potensi Wisata Desa," imbuh Ilham, bujang 31 tahun yang berjanji akan menjelaskan tuntas kunci tersebut bila ada  peserta studi banding yang bertanya.

Dipimpin oleh Kepala Desa Udi Hartopo, Kafe Sawah Pujon Kidul mulai digarap tahun 2013 dan mulai booming tahun 2017. Dikelola Bumdes, Kafe Sawah Pujon Kidul menjadi desa dengan PAD terbesar dari sektor wisata se Jawa Timur.

Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Timbangannya Pakai Perasaan, Sayur Segar Favorit Pengunjung Kafe Sawah Pujon Kidul Berharga Sepuluh Tiga

Trending Now