Bagian 3, Ikafasya Roadshow Menata Program di Tanah Perdikan Sunan Giri

Admin JSN
31 Mei 2022 | 08.09 WIB Last Updated 2022-05-31T07:06:21Z
IKAFASYA ROADSHOW: Menata Program di Tanah Perdikan Sunan Giri (3)
ARTIKEL I JATIMSATUNEWS.COM: Pada 27 - 28 Mei, IKAFASYA Roadshow ke Wilayah Tanah Perdikan Sunan Giri. Perjalanan ini juga memiliki nuansa ritual, karena wilayah ini adalah wilayah Sunan Giri, nama kecilnya  Raden Paku, dikenal dengan nama Prabu Satmata atau Sultan Abdul Fakih. Beliau adalah putera dari Maulana Ishak dari Blambangan, Jawa Timur. 

Sebagaimana ayahnya, Raden Paku berguru kepada Raden Rakhmat,  Sunan Ampel. Beliau belajar bersama Maulana Makdum Ibrahim, putera dan murid Sunan Ampel.
Wilayah ini menjadi istimewa dalam roadshow IKAFASYA, sebab nama Maulana Malik Ibrahim disematkan sebagai nama Kampus yang diresmikan walimat tasmiyahnya oleh Presiden SBY.

Syekh Maulana Malik Ibrahim, salah satu Wali Songo, adalah seorang Imam termasyhur. Beliau berasal dari Arabia, keturunan Zaenal Abidin, tapi juga sepupu Raja Cherme menetap di Desa Leran, Jenggala.  Berdasarkan prasasti makam Syekh Maulana Malik Ibrahim, Beliau berasal dari Kashan (bi Kashan), sebuah tempat di Persia (Iran).
Syekh Maulana Malik Ibrahim juga salah seorang tokoh penyebar agama Islam pertama di tanah Jawa dan merupakan wali tertua di antara Wali Songo.

Syekh Maulana Malik Ibrahim merupakan seorang ahli tata negara berpengalaman. Beliau datang ke pulau Jawa pada tahun 1404 M. 
Jauh sebelum beliau datang, Islam sudah ada di nusantara walaupun sedikit, hal ini dibuktikan dengan adanya makam Fatimah binti Maimun yang nisannya bertuliskan tahun 1082.
Metode dakwah yang dilakukan Syekh Maulana Malik Ibrahim dalam proses Islamisasi Gresik pada abad ke-14 M yang tercatat dalam Babad Gresik I meliputi dua metode yaitu, (1) Metode dakwah melalui jalur perdagangan dan (2) Metode dakwah melalui pendidikan pesantren.


Beranjak dari pengalaman dan memohon barokah Syeikh Maulana Malik Ibrahim terswbut, IKAFASYA akan fokus pada tiga program prioritas yang akan dilaunching bersamaan pelantikan Pengurus IKAFASYA, tgl 16-17 Juni 2022.
Toga program prioritas yang terbagi dalam tiga Divisi itu adalah:
Divisi Hukum dan Kode Etik (ngopeni Rumah Sadar Hukum)
Divisi Pengembangan Ekonomi (ngopeni Rumah Enterpreuner)
Divisi Pengembangan Karir, SDM, dan Kerjasama (ngopeni Rumah Literasi)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bagian 3, Ikafasya Roadshow Menata Program di Tanah Perdikan Sunan Giri

Trending Now