Bagian 2, Ikafasya Roadshow Meraih Sukses dari Madura

Admin JSN
30 Mei 2022 | 06.56 WIB Last Updated 2022-05-30T05:55:59Z
Bagian 2, Ikafasya Roadshow Meraih Sukses dari Madura
ARTIKEL I JATIMSATUNEWS.COM: Tanggal 20 - 21 Mei 2022, roadshow Panitia Adhoc IKAFASYA ke wilayah Madura.

Melalui pertemuan dengan Anggota Ikafasya Kabupaten Bangkalan, ditemukan pola hubungan simbiosis mutualistik dimana para alumni Fakultas Syariah tidak hanya bergerak dalam bidang hukum, seperti menjadi Hakim dan Pengacara, tetapi juga menjadi Sekretaris Jurusan di Universitas Trunojoyo Madura.

Dalam pertemuan dengan alumni Bangkalan, melaluo gerakan revitalisasi organisasi dan fi gai IKAFASYA, alumni memiliki pintu harapan lebih banyak lagi.
"Salah satu harapan itu adalah dimungkinkan terjadi kerjasama antara Falultas Syariah, sebagai Fakultas induk yang melahirkan banyak Sarjana Hukum yang memiliki keahlian dan keilmuan syari'ah, dengan perguruan tinggi kami." 

Hal yang sama juga disampaikan anggota IKAFASYA Kabupaten Pamekasan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang AUPK.
Beberapa pola kerja sama dengan lembaga pendidikan tinggi dimana para alumni sekarang sedang menduduki posisi strategis, akan memberikan manfaat yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Begitu harapan Mas Samheri, dalam pertemuan tanggal 21 Mei 2022 di Pamekasan.

Bersama Kyai "erro" Bagus Amirullah 21 Mei 2022 di Pesantren Al-Amin Prenduan Sumenep

Dari perjalanan selama dua hari, IKAFASYA juga berhasil membentuk kesepakatan pola penataan keorganisasian yang lebih fungsional bagi usaha peningkatan fungsi anggota.
Organisasi IKAFASYA (Ikatan Alumni Fakultas Syariah) terdiri dari organ Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah, dan Pengurus Daerah. Khusus untuk Jawa Timur,  berdasarkan sistem budaya masing-masing dan keterjangkauan kawasan, Wilayah dibagi pada Wilayah Tapal Kuda (meliputi Banyuangi, Situbondo, Bondowoso, Jember, dan Lumajang).

Wilayah Suroboyoan (meliputi daerah Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Lamongan, Tuban, dan Mojokerto). Sedangkan Wilayah Matraman dibagi pada dua Wilayah, Wilayah Matraman Utara (meliputi Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Madiun, dan Ngawi). 

Matraman Selatan (meliputi Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kediri, Tuluangagung, dan Blitar). Semantara itu Madura akan dijadikan Satu Wilayah sendiri (meliputi Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep plus Madura Kepulauan).

Sedangkan khusus wilayah Malang Raya, dimana Pimpinan Pusat ada di daerah ini dan memiliki alumni paling banyak, dijadikan Wilayah secara khusus meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.


Bersama Nurul Huda, Alumni Sampang yang menjadi ketua KNPI dan dewan Syariah Bank Syariah Sampang

Berdasarkan tata keorganisasian itu, IKAFASYA diharapkan dapat dimenej lebih mudah dalam berkoordinasi dan mengkoneksikan berbagai potensi wilayahnya.

Bersama Rudi Hermawan(peci hitam), sekretaris jurusan

Sistem ini akan dilegalkan dalam ART yang akan dibahas dalam Musyawarah Besar Pertama tanghal 16-17 Juni 2022.
Dalam acara tersebut, akan hadir para Calon Ketua Umum, Ketua Wilayah, Koordinator Daerah, dan beberapa alumni senior. 
Dalam acara tersebut akan dibahas juga Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), Program Kerja dan Sistem Kerjasama, dan Kode Etik IKAFASYA.

Fauzan Zenrif

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bagian 2, Ikafasya Roadshow Meraih Sukses dari Madura

Trending Now