Manfaatkan Luberan Susu, Umkm Desa Sumber Anyar Jadikan Produk Permen

Admin JSN
10 Maret 2022 | 13.31 WIB Last Updated 2022-04-08T02:51:16Z
PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Banyaknya petani susu di desa Sumber Anyar membuat BPD setempat berkeinginan membuat sebuah produk unggulan berbahan dasar susu. Sebagai icon desa terkini dengan rencana akan dipasarkan Ramadhan ini, mendapampingi beberapa produk Umkm yang sudah ada. 

Sekitar 30 an orang pelaku Umkm dengan hanya 1 orang lelaki siang ini berkumpul di pendopo Pasar Desa UMKM Sumber Anyar Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Mereka berkumpul dengan 2 agenda, membuat paguyuban umkm yang kemudian diberi nama Meluber dan pelatihan membuat permen susu. 

"Desa Sumber Anyar banyak susu, itulah makanya kami membuat pelatihan permen susu," jelas BPD unsur perempuan Nurul disepakati istri Kades Yunani dan narasumber dari Satrya Emas Sulis Pramusetyowati. 

"Kami berbaharap dengan terbentuknya umkm yang kami namai Meluber ini kesuksesan dan rezeki senantiasa meluber untuk Umkm di desa kami. Pelatihan permen susu adalah awal,  selanjutnya kami agendakan pelatihan -pelatihan produk lain berbasis kekhasan desa Sumber Anyar," tutur Sisworo sambi menyebut talas, singkong juga pisang sebagai contoh dengan beberapa contoh produk miliknya bermerek Blehar. 

Antusias nampak di wajah para peserta,  bergantian mereka mengaduk bahan yang digunakan sebagai pembuatan permen susu selama 2 jam. Mulai dari cair hingga membentuk karamel dan dikemas menjadi permen susu. 

Hitung menghitung harga eceran tertinggi ditentukan sebesar Rp. 2000 rupiah. Sebab potongannya besar-besar.

"Kalau ingin lebih murah tinggal memotong menjadi ukuran lebih kecil," cetus Suwartingningsih Sekretaris disepakati Nurus, bendahara paguyuban yang baru dibentuk Meluber. 

Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaatkan Luberan Susu, Umkm Desa Sumber Anyar Jadikan Produk Permen

Trending Now