RAKERDA PKS KOTA BATU 2022, SEMANGAT TRANSFORMASI DAN KOLABORASI

Admin JSN
15 Maret 2022 | 14.44 WIB Last Updated 2022-04-08T02:51:16Z
BATU I JATIMSATUNEWS.COM: Rakerda DPD PKS di telah berlangsung di Kota Batu, meninggalkan kesan tetap konsisten berjuang bersama partai. Setidaknya seperti yang diungkapkan salah satu peserta. 

"Membuat saya optimis berjuang lewat PKS menuju Islam sesungguhnya yang rahmatan Lil Alamin,"jelas salah satu peserta wanita asal kota Malang, Selasa 3/3/2022

Sebagaimana diketahui, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Batu, pada hari Minggu tanggal 13 Maret 2022 telah menyelenggarakan rapat kerja daerah (RAKERDA) di Hotel Purnama, Kota Batu. Merupakan rangkaian Rakernas Jakarta yang diselenggarakan pada  31 Januari 2022 dan Rakerwil di Surabaya 6 Maret 2022 lalu.

Tema yang diusung yakni "Semangat Transformasi dan Kolaborasi". Selain menyusun program tahunan partai, Rakerda juga bertujuan untuk memulai menggerakkan mesin politik partai menghadapi pemilu tahun 2024. 

Pelaksanaan menerapkan protokol kesehatan. Semua yang hadir diwajibkan sehat, dibuktikan dengan hasil SWAB negative sebelum memasuki ruangan rapat. 

Acara ini menghadirkan pengurus DPW PKS Jatim, Dewan Pakar PKS Jatim, pengurus BPD5 Malang Raya, pengurus DPTD PKS Kota Batu, anggota Fraksi PKS DPRD Kota Batu, dan ketua DPC PKS se Kota Batu. Dengan sebagian besar anggota PKS lainnya menghadiri secara hybrid dirumah masing-masing.

Acara dimulai dengan penampilan seni budaya beladiri pencak silat. Seni beladiri asli Indonesia yang diakui dunia. 

Dilanjutkan  musikalisasi puisi  berjudul “Kau Ini Bagaimana” karya Mustofa Bisri dan tembang "Lir-Ilir" karya Sunan Kalijogo. Penampilan seni budaya tersebut manjadi symbol bahwa PKS siap berkomitmen  untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

Pada acara pembukaan Rakerda ini para pimpinan dan pengurus PKS telah berikrar untuk siap melayani masyarakat kapanpun, baik saat kampanye juga ketika masa normal. Ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama melayani rakyat.

Ady Sayoga, SE. (Ketua DPD PKS Kota Batu) dalam sambutannya mengatakan bahwa para kader harus siap  bertransformasi mengikuti perubahan ke era digital. Juga berkolaborasi untuk bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Batu guna menyongsong kemenangan di pemilu 2024. Targetnya adalah penambahan anggota dan penambahan kursi di DPRD.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko juga memberikan sambutan secara virtual. Dia menyampaikan bahwa program kerja yang disusun dalam Rakerda ini nantinya harus dapat bermanfaat dan bersinergi dengan pemerintah dalam menyukseskan pemulihan ekonomi nasional, khususnya untuk Kota Batu yang lebih sejahtera.

Ahmadi, S.Si (Sekretaris DPW PKS Jawa Timur) yang berkesempatan hadir dan membuka acara Rakerda, mengungkapkan bahwa PKS saat ini sedang menuju kepada tata kelola partai yang baik (good government party). Karena para pejabat public sesungguhnya adalah dilahirkan dari partai politik, maka dalam segala aktifitasnya PKS berusaha melahirkan pemimpin-pemimpin terbaik yang berkualitas. Target berikutnya adalah  mengokohkan partai dengan pendidikan politik dan menguatkan struktur sampai level bawah. 

Menurut Ahmadi, tema yang diusung dalam Rakerda yaitu semangat transformasi.

"Maksudnya adalah bahwa para kader dan anggota PKS siap melakukan perubahan. Siap menyuksekan berbagai platform digital yang harapannya semakin memudahkan berbagai aktifitas kepartaian. Semangat kolaborasi merupakan semangat untuk siap bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat. Salah satunya dengan menggalakkan silaturahmi kebangsaan. Dan yang terakhir adalah berkolaborasi dalam rangka penjaringan calon anggota legislatif dan dewan pakar," papar Ahmadi. 

Selain itu, Ahmadi juga menjelaskan pesan dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) untuk kader PKS Kota Batu, dari Habib Salim Segaf Al Jufrie (Ketua Majelis Syuro PKS).
"Para anggota PKS diwajibkan untuk menjadi wujud nyata dari wajah Islam rahmatan lil’alamin. Harus bisa mewujudkan kasih sayang kepada seluruh alam. Termasuk kepada mereka yang berbeda keyakinan, bahkan rahmat untuk hewan dan tumbuhan. Setiap anggota PKS, jalan hidupnya adalah Islam washatiyah, moderat dan pertengahan. Prinsip yang dikembangkan harus kritis dan konstruktif. Bukan asal beda, tetapi disajikan dengan data dan analisa kemudian menawarkan solusi. Wajah washathiyah PKS juga hadir dalam penerapan Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945 dengan mengawal fitrah demokrasi. Dan kader PKS wajib menjadi yang terdepan sebagai penjaga Pancasila dan Undang-Undang Negara Republik Indonesia 1945," lanjutnya.

Pesan juga disampaikan  H. Ahmad Syaikhu (Presiden PKS) bagi para anggota PKS. Adalah untuk menjaga empat pilar kredibilitas, yaitu: kredibilitas konstitusional, kredibilitas moral, kredibitas sosial dan kredibilitas organisasi.

 Fokus inisiatif utama yaitu program zero chase, jangan sampai ada kasus yang menyangkut korupsi, moral dan etika. "Kader PKS harus memiliki moralitas yang kokoh bersumber dari nilai-nilai Islam yang rahmatan lil’alamin dan etika publik," terang H. Ahmad Saikhu.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • RAKERDA PKS KOTA BATU 2022, SEMANGAT TRANSFORMASI DAN KOLABORASI

Trending Now