Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Pjs. Bupati Sidoarjo Pimpin Upacara Hari Jadi Ke-79 Provinsi Jawa Timur Tahun 2024

Admin JSN
12 Oktober 2024 | 22.39 WIB Last Updated 2024-10-12T15:39:48Z

 

Pjs. Bupati Sidoarjo Muhammad Isa Anshori memimpin upacara peringatan Hari Jadi Ke-79 Provinsi Jawa Timur di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (12/10).

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM – Pjs. Bupati Sidoarjo, Muhammad Isa Anshori, bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Jadi Ke-79 Provinsi Jawa Timur yang berlangsung di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (12/10) pagi. Dengan tema “Jawa Timur Bersatu Bersama Untuk Maju,” upacara ini dihadiri oleh pejabat daerah dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Pjs. Bupati Sidoarjo menyampaikan pidato resmi Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono. Salah satu poin penting dalam sambutan tersebut adalah capaian Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam berbagai bidang, khususnya dalam menurunkan angka kemiskinan. 

Provinsi Jawa Timur berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi 9,79% per Maret 2024, menjadikannya provinsi dengan kontribusi terbesar dalam penurunan kemiskinan nasional. Tidak hanya itu, kemiskinan ekstrem di Jawa Timur juga turun secara signifikan, dari 4,40% pada tahun 2020 menjadi 0,66% pada Maret 2024.

"Jawa Timur menyumbang penurunan penduduk miskin tertinggi di Indonesia, mencapai 206.102 jiwa, dan berkontribusi sebesar 30,34% terhadap penurunan kemiskinan nasional," ucap Pjs. Bupati Sidoarjo, mengutip sambutan Pj. Gubernur.

Selain itu, Jawa Timur juga diakui sebagai pusat Desa Mandiri di Indonesia. Berdasarkan data Indeks Desa Membangun 2024, jumlah Desa Mandiri di Jawa Timur mencapai 4.019 desa, jumlah tertinggi di Indonesia, dengan peningkatan signifikan sebesar 43,54% dibandingkan tahun 2023.

Capaian lain yang disoroti adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Jawa Timur. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Timur sejak tahun 2020 konsisten di atas rata-rata nasional, mencapai 74,65 poin pada tahun 2023. Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur juga impresif, dengan pertumbuhan sebesar 4,98% pada Triwulan II 2024, menjadikan Jawa Timur sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Pulau Jawa.

Pada kesempatan tersebut, Pjs. Bupati Sidoarjo juga menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba Gerakan Bersih "Geber" Sidoarjo dan lomba Video Reels "Geber" untuk kategori OPD dan masyarakat umum. Berikut daftar pemenangnya:

Lomba Gerakan Bersih “Geber” Sidoarjo:

  1. Polresta Sidoarjo (Terbaik 1)
  2. RSUD Notopuro (Terbaik 2)
  3. Dinas PU Bina Marga Sidoarjo (Terbaik 3)

Lomba Video Reels “Geber” Sidoarjo Kategori OPD:

  1. Sekretariat Kabupaten Sidoarjo (Terbaik 1)
  2. Bank Jatim Sidoarjo (Terbaik 2)
  3. Polresta Sidoarjo (Terbaik 3)

Lomba Video Reels “Geber” Sidoarjo Kategori Masyarakat Umum:

  1. Wawan (Juara 1)
  2. Yusuf Kurniawan Hadi (Juara 2)
  3. Deliana (Juara 3)
  4. SDN Kedungpeluk I (Juara Favorit)

Setelah penyerahan penghargaan, Pjs. Bupati Sidoarjo Muhammad Isa Anshori bersama peserta lainnya menyaksikan siaran langsung Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-79 Provinsi Jawa Timur yang digelar di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, melalui kanal YouTube di Pendopo Delta Wibawa. Pada upacara di Surabaya, Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, bertindak sebagai inspektur upacara. (zeera)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pjs. Bupati Sidoarjo Pimpin Upacara Hari Jadi Ke-79 Provinsi Jawa Timur Tahun 2024

Trending Now