Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Meniti Gerak Santri SMADITA : Menumbuhkan Semangat Juang Siswa Menuju Kesalihan Hamba

Admin JSN
25 Oktober 2024 | 11.31 WIB Last Updated 2024-10-25T04:31:15Z
Hari Santri Nasional bukan hanya sekadar peringatan tapi juga kekompakan rasa persatuan sehingga tercipta karakter positif yang menjalar dan menjadikan pembentukan karakter disiplin

ARTIKEL|JATIMSATUNEWS.COM - Hari santri nasional adalah hari dimana mayoritas santri nasional memperingati perjuangan santri dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Juga menambah rasa nasionalisme dan religiusitas. 

SMA Diponegoro Tumpang juga memperingati peringatan hari santri nasional, tepatnya pada Selasa (22/10/2024) dilaksanakan upacara peringatan dengan penuh semangat dan khidmat. 

Para siswa memakai busana muslim dengan atasan putih dan bawahan hitam pada pukul 07.45 WIB tepat masuk sekolah dan bersiap upacara. Petugas upacara yang bertugas adalah OSIS MPK SMA Diponegoro dan Kelas XI G. 

Upacara diawali dengan pembina upacara Bpk Fahmi Hafidzil Ilmi, M.Pd selaku Kepala Madin Al Masyhudiyah , dalam sambutannya menjelaskan bahwa santri tidak hanya dari santri yang di Pondok Pesantren, namun di SMADITA setiap harinya ada kegiatan keagamaan. Disebut santri jika seorang siswa yang menuntut dan mempelajari ilmu keagamaan, maka dari itu mengajak siswa siswi sebagai santri agar tetap menjaga akhlak dimana pun berada, baik didalam maupun diluar SMADITA. 

Setelah amanat dari pembina upacara, tidak lupa siswa siswi SMADITA bersama-sama menyanyikan mars shubanul wathan dan lagu hari santri nasional, seluruh rangkaian upacara hari santri nasional telah dilaksanakan dengan lancar dan tertib. 

Untuk memeriahkan seluruh guru dan siswa membuat video ucapan hari santri nasional dengan dilengkapi jargon SMADITA, para dokumentasi merekam dan mengarahkan sungguh kompak dan semangat peringatan hari santri 2024 di SMADITA tahun ini. 

Hal penting dalam mendukung kesuksesan acara peringatan HSN ini juga karena adanya dukungan dari Ibu Kepala Sekolah, dewan guru, tenaga kependidikan, dan seluruh keluarga besar SMADITA yang disiplin mengikuti upacara HSN. 

Harapannya dengan adanya kegiatan peringatan ini seluruh siswa akan terasah rasa semangat nasionalisme dan religiusitas sebagai santri nasional secara maksimal, bukan hanya sekadar peringatan tapi juga kekompakan rasa persatuan sehingga tercipta karakter positif yang menjalar dan menjadikan pembentukan karakter disiplin, santri yang cerdas, berakhlak yang mampu berkontribusi bagi masyarakat, nasionalisme, kompak dan religius.

Penulis : Amanda Latif dan Vanova Azzahro (Siswi kelas X di SMA Diponegoro Tumpang Sie Berita Pegiat Literasi SMA Diponegoro)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meniti Gerak Santri SMADITA : Menumbuhkan Semangat Juang Siswa Menuju Kesalihan Hamba

Trending Now