Polres Nganjuk Gelar Latkatpuan Satkamling Dukung Pengamanan Pilkada Serentak 2024 di Jatim

26 September 2024 | 22.06 WIB Last Updated 2024-09-26T15:06:12Z


NGANJUK | JATIMSATUNEWS.COM - Dalam rangka mendukung pengamanan lingkungan dan mensukseskan Pilkada Serentak Jawa Timur 2024, Polres Nganjuk melaksanakan Kegiatan Latihan Keterampilan Satkamling (Latkatpuan). Acara ini berlangsung di Aula Polres Nganjuk, dibuka oleh Kapolres Nganjuk AKBP Siswantoro, S.I.K., M.H., yang diwakili oleh Wakapolres Nganjuk, Kompol Subiyantana, S.H., M.H., dihadiri oleh 60 peserta, Rabu (25/9/2024). 


Dalam sambutannya, beliau menegaskan pentingnya peningkatan kemampuan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), terutama dalam menghadapi potensi gangguan keamanan selama pelaksanaan Pilkada. 


"Satkamling adalah garda terdepan dalam pencegahan gangguan keamanan di lingkungan desa. Peran aktif mereka akan sangat membantu tugas kepolisian dalam menciptakan situasi yang kondusif," tegas Wakapolres.


Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari beberapa narasumber, di antaranya Devid Nurachman, S.H., M.Si., dari Satpol PP Kabupaten Nganjuk, dan Erwin Naharudin, S.T., dari BPBD Kabupaten Nganjuk. 


Keduanya memberikan materi terkait pentingnya sinergi antara Satkamling, kepolisian, dan masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan serta kesiapsiagaan menghadapi berbagai bencana alam yang mungkin terjadi.


Salah satu poin penting dalam kegiatan ini adalah pengenalan kembali Perpol No. 4 Tahun 2020 yang mengubah konsep pos kamling menjadi Satkamling, serta tugas utama Satkamling dalam menjaga keamanan lingkungan. Narasumber juga menekankan pentingnya edukasi bagi warga untuk lebih tanggap terhadap situasi darurat di lingkungannya.


Latkatpuan ini menjadi salah satu langkah konkret Polres Nganjuk dalam memperkuat keamanan lingkungan dan mendukung suksesnya penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Jawa Timur khususnya di Wilayah Kabupaten Nganjuk.(acha)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polres Nganjuk Gelar Latkatpuan Satkamling Dukung Pengamanan Pilkada Serentak 2024 di Jatim

Trending Now