Sosialisasi Hidroponik untuk Tingkatkan Keterampilan Karang Taruna RW 2 Klampis Ngasem oleh Mahasiswa KKN-T UPNV Jatim

Anis Hidayatie
22 Agustus 2024 | 05.29 WIB Last Updated 2024-08-21T22:30:11Z

 


Sosialisasi Hidroponik untuk Tingkatkan Keterampilan Karang Taruna RW 2 Klampis Ngasem oleh Mahasiswa KKN-T UPNV Jatim

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Dalam upaya memperkenalkan dan meningkatkan keterampilan generasi muda dalam teknologi pertanian modern, Mahasiswa KKN-T Bela Negara Kelompok 4 Gelombang 2 UPN “Veteran” Jawa Timur berhasil mengadakan sosialisasi hidroponik yang berlangsung pada hari Senin, 12 Agustus 2024. Kegiatan ini diadakan di pos RT 3 RW 2 Kelurahan Klampis Ngasem dan dihadiri oleh belasan anggota Karang Taruna serta warga masyarakat.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Ketua RW 2, Bapak Sriyanto, yang mengungkapkan rasa terima kasihnya atas inisiatif mahasiswa KKN-T Kelompok 4 Gelombang 2 “Dengan adanya pelatihan ini, kami berharap anggota Karang Taruna RW 2 dan warga bisa memanfaatkan hidroponik ini untuk meningkatkan konsumsi sayuran segar serta dapat menjadi kegiatan yang dapat dimanfaatkan para anggota Karang Taruna untuk mengisi waktu luang dan mempererat tali persaudaraan,” ujar Sriyanto.

Selanjutnya, pemateri kegiatan sosialisasi yang merupakan mahasiswa Agroteknologi memberikan penjelasan mulai dari pengenalan konsep hidroponik, proses pembibitan tanaman pakcoy, pembuatan nutrisi hidroponik, teknik perawatan tanaman hingga pengendalian terhadap hama dan penyakit tanaman pakcoy. Selain teori, mahasiswa juga melakukan demonstrasi langsung mengenai pencampuran nutrisi hidroponik, penanaman bibit pakcoy serta pembuatan pestisida nabati tembakau di hadapan peserta.

Antusiasme Karang Taruna RW 2 Klampis Ngasem terhadap hidroponik sangat tinggi. Hal ini terlihat dari pertanyaan yang diajukan selama sesi tanya jawab yang memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendalami lebih jauh mengenai aplikasi hidroponik di lahan terbatas. Beberapa anggota Karang Taruna mengaku tertarik untuk mencoba budidaya hidroponik di rumah masing-masing.

“Dengan hidroponik, kami bisa menanam sayuran sendiri di rumah meskipun lahannya terbatas. Selain itu, hasil panen juga lebih terjamin dan berkualitas,” ungkap Nurul 

Sebagai penutup, mahasiswa KKN-T memberikan paket starter hidroponik berupa alat dan bahan dasar kepada peserta yang ingin memulai bercocok tanam hidroponik di rumah. Harapannya, sosialisasi ini tidak hanya menambah wawasan tetapi juga memotivasi lebih banyak anggota Karang Taruna dan warga untuk mengembangkan hidroponik dan berkontribusi pada ketahanan pangan lokal. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bukti nyata bahwa mahasiswa KKN-T Kelompok 4 dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi Hidroponik untuk Tingkatkan Keterampilan Karang Taruna RW 2 Klampis Ngasem oleh Mahasiswa KKN-T UPNV Jatim

Trending Now