Sosialisasi Giatkan Pelaku Parekraf Desa Bicak Dukung Peningkatan Pendapatan Ibu Rumah Tangga

Admin JSN
07 Agustus 2024 | 11.12 WIB Last Updated 2024-08-07T04:16:02Z



Sosialisasi Giatkan Pelaku Parekraf Desa Bicak Dukung Peningkatan Pendapatan Ibu Rumah Tangga Mojokerto, Jawa Timur

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: bu-ibu PKK sejumlah 50 orang di Desa Bicak mewakili ibu rumah tangga mengikuti sosialisasi menggiatkan pelaku parekraf. Acara yang diselenggarakan mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur ini berlangsung satu hari saja pada tanggal 2 Agustus 2024.

Desa Bicak dengan mata pencaharian utama masyarakatnya sebagai petani terus mengejar ketertinggalan SDGs di poin 2 yaitu desa tanpa kelaparan dan poin 8 desa dengan pertumbuhan ekonomi merata. Pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga sebagai UMKM merupakan bentuk upaya untuk mengatasi kesenjagan perekonomian dan mewujudkan desa dengan pertumbuhan ekonomi merata. Mahasiswa KKNT Bela Negara dari UPN “Veteran” Jawa Timur yang sedang menyelesaikan masa mengabdi kepada masyarakat berasal dari jurusan Ilmu Komunikasi, Manajemen, Agribisnis yang sangat linier dengan pembahasan seperti branding, marketing dan berjualan secara online.

Sosialisasi menggiatakan pelaku ekonomi kreatif di Desa Bicak yang diselenggarakan tanggal 2 Agustus 2024 di Balai Desa terdapat tiga materi inti yang disampaikan, satu sesi praktek, ditutup dengan tanya jawab. Materi yang dibawakan secara berturut-turut mengenai pengenalan klasifikasi media sosial, branding marketing, pengenalan Shopee sebagai platform marketplace yang dapat memasarkan produk dengan jangkauan pasar lebih besar. Sesi praktek di penghujung acara membahas sekaligus mempraktekkan langsung simulasi jika ibu-ibu memasarkan produknya dan berjualan di marketplace. 

Program pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga untuk meningkatkan pendapatan keluarga dirancang mahasiswa KKNT Bela Negara agar dapat berpengaruh pada poin SDGs desa pada poin dua desa tanpa kelaparan dan poin delapan desa dengan pertumbuhan ekonomi merata. Sosialisasi yang hanya berlangsung satu hari mendapat sambutan antusias luar biasa sehingga waktu satu hari disebut kurang. 

“Materinya terlalu singkat, lagi seru-serunya belajar nggak tahunya sudah selesai ternyata,” ungkap Indrawati anggota Ibu PKK yang sudah siap mengikuti acara dari awal sampai akhir sambil menyiapkan catatannya. 


Harapan dari seluruh Ibu PKK mewakili para Ibu Rumah Tangga di Desa Bicak sosialisasi serupa bisa diselenggarakan kembali dan tidak hanya satu hari saja, kegiatan pemberdayaan UMKM harus lebih banyak kegiatan tidak hanya sekali namun bisa berkelanjutan. 


Penulis: Claudya Sekar

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi Giatkan Pelaku Parekraf Desa Bicak Dukung Peningkatan Pendapatan Ibu Rumah Tangga

Trending Now