PARTISIPASI MAHASISWA KKN-TEMATIK UPNVJT GELOMBANG 2 SEBAGAI JURI DALAM LOMBA KAMPUNG BERSIH DAN HIJAU: KREATIFITAS DAN INISIATIF WARGA KALIJUDAN CIPTAKAN KAMPUNG BERSIH DAN HIJAU

Anis Hidayatie
22 Agustus 2024 | 11.32 WIB Last Updated 2024-08-22T04:33:50Z


ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM:
  Kalijudan, Surabaya, Jawa Timur – Kampung Bersih dan Hijau di daerah Kalijudan, KotaSurabaya, kini menjadi contoh sukses dalam pelaksanaan program lingkungan yang berkelanjutan. Inisiatif ini, yang dimulai setahun lalu, bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, hijau, dan sehat bagi seluruh warga kampung.

Kegiatan ini bertepatan dengan momen kemerdekaan Indonesia ke-79 melibatkan berbagai aspek, mulai dari pengelolaan sampah, penghijauan, hingga inovasi lingkungan. Berbagai upaya dari beberapa RW yang berada di Kalijudan telah terlaksana, seperti pembuatan tempat sampah terpisah, daur ulang, penanaman tanaman obat keluarga dan pembuatan biopori.

Ketua LPMK Kalijudan, Bapak Basuki, menjelaskan, “Kami berkomitmen untuk menjadikan wilayah Kalijudan sebagai wilayah yang bersih dan hijau. Dengan melibatkan masyarakat dalam momen ini, kami tidak hanya meningkatkan kualitas lingkungan, tetapi berharap kepada seluruh elemen memperkuat rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap lingkungan."

Salah satu pencapaian terbesar dari lomba ini adalah berhasilnya kampung mengurangi jumlah sampah yang tidak terkelola dengan baik. Warga kini aktif menggunakan tempat sampah terpisah untuk organik dan non-organik, dan banyak yang terlibat dalam kegiatan daur ulang.Selain itu, kampung ini juga telah berhasil menanam termasuk pohon buah-buahan dan tanaman obat, yang tidak hanya mempercantik lingkungan tetapi juga memberikan manfaat ekonomi dan kesehatan bagi warga.

Ketua Panitia Lomba 17 Agustus, Bapak Nanang, “Saya merasa sangat senang dengan hadirnya mahasiswa KKN dari UPNVJT menjadi juri karena akan dianggap netral dan tidak berpihak oleh siapapun. Alhamdulillah mahasiswa yang berpartisipasi jadi juri lomba kebersihan ini dapat secara objektif melihat situasi dan kondisi dari setiap lingkungan yang ada dalam beberapa RW di Kalijudan.

”Dengan kesuksesan Kampung Bersih dan Hijau, diharapkan lebih banyak komunitas akan terinspirasi untuk melaksanakan inisiatif serupa, sehingga membawa perubahan positif bagi lingkungan dan masyarakat di seluruh Indonesia. Ans

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PARTISIPASI MAHASISWA KKN-TEMATIK UPNVJT GELOMBANG 2 SEBAGAI JURI DALAM LOMBA KAMPUNG BERSIH DAN HIJAU: KREATIFITAS DAN INISIATIF WARGA KALIJUDAN CIPTAKAN KAMPUNG BERSIH DAN HIJAU

Trending Now