Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Ajak Ibu-Ibu PKK RW 05 Desa Lebo Tanam Microgreen

Admin JSN
06 Agustus 2024 | 11.36 WIB Last Updated 2024-08-08T04:29:54Z
Mahasiswa KKN mengajak ibu-ibu PKK RW 05 Desa Lebo menaman Microgreen

SIDOARJO|JATIMSATUNEWS.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Bela Negara Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Kelompok 3, mengajak ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RW 05 Desa Lebo untuk menanam Microgreen pada Minggu, (4/8/2024).

Microgreen adalah tanaman yang ditanam pada media tanam seperti cocopeat dan sekam padi, dengan masa panen yang sangat singkat, hanya 7 hingga 14 hari. Berbeda dengan tanaman lain yang membutuhkan waktu 4 hingga 5 bulan untuk dipanen, Microgreen dapat dipanen dalam waktu singkat, menjadikannya pilihan ideal bagi masyarakat dengan keterbatasan lahan.

Salah satu keunggulan Microgreen adalah fleksibilitas media tanamnya. Dengan cocopeat dan sekam padi, Microgreen bisa ditanam di mana saja dan oleh siapa saja, tanpa memerlukan lahan yang luas. Media tanam ini juga mudah ditemukan di toko pertanian setempat.

Program ini menyasar ibu-ibu PKK yang umumnya tidak memiliki cukup lahan untuk menanam sayuran seperti sawi. Microgreen cocok untuk ditanam di rumah dan bisa langsung diolah menjadi hidangan keluarga dalam waktu 7 hari.

“Kegiatan ini sangat cocok untuk ibu-ibu PKK di sini. Kami mengajarkan cara menumbuhkan tanaman hijau sendiri di rumah dan mendorong masyarakat untuk gemar mengonsumsi tanaman hijau,” ujar Reza Maulana Rahadian, Ketua KKN Kelompok 3 Desa Lebo.

Penanaman Microgreen menjadi program kerja penutup yang dilakukan oleh mahasiswa KKNT Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur Kelompok 3 di Desa Lebo. Sebelumnya, mereka telah melaksanakan serangkaian program lain seperti Pos Gizi, Pembuatan Ecobrik, dan Pembuatan Pestisida Nabati.

Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur juga meninggalkan hasil program kerja mereka kepada warga Desa Lebo sebagai langkah mewujudkan kehidupan lingkungan darat yang berkelanjutan bagi warga desa.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Ajak Ibu-Ibu PKK RW 05 Desa Lebo Tanam Microgreen

Trending Now