Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim Gelar Pelatihan Digital Marketing untuk Pelaku UMKM Gelam

Admin JSN
09 Agustus 2024 | 12.32 WIB Last Updated 2024-08-09T22:48:00Z
Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim menggelar pelatihan digital marketing untuk pelaku UMKM setempat

SIDOARJO|JATIMSATUNEWS.COM – Dalam upaya mendorong UMKM Desa Gelam untuk meraih kesuksesan di era digital, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Bela Negara Kelompok 9 UPN “Veteran” Jawa Timur menggelar pelatihan Digital Marketing pada Selasa (30/7/2024) di Balai Desa Gelam, Candi, Sidoarjo.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Kelompok 9 KKNT Bela Negara dan menampilkan Augustin Mustika Chairil S.I.Kom, M.A, dosen Ilmu Komunikasi bidang Digital Marketing dari UPN Veteran Jawa Timur, sebagai narasumber. Acara ini dihadiri oleh pelaku UMKM setempat yang sangat antusias untuk belajar cara memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran.

Dengan fokus pada strategi digital marketing, acara ini bertujuan membantu UMKM di Desa Gelam mengoptimalkan penggunaan media sosial guna meningkatkan penjualan dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Materi pelatihan disesuaikan dengan tantangan yang dihadapi UMKM di desa tersebut.

Sekretaris Desa Gelam, Ibu Isnanik, berharap pelatihan ini dapat diterapkan oleh para pelaku UMKM untuk memaksimalkan potensi media sosial sebagai alat promosi yang efektif. “Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan penjualan UMKM di Desa Gelam,” ujarnya.

Selain teori, pelaku UMKM juga mendapatkan kesempatan untuk mempraktikkan langsung strategi digital marketing dengan bimbingan mahasiswa KKN yang berlangsung sehari setelah pelatihan, langsung di lokasi masing-masing tempat produksi.

Antusiasme para pelaku UMKM terhadap pelatihan ini sangat tinggi. Ibu Pini Ramania, pengusaha snack box, mengungkapkan, “Saingan saya sudah punya logo dan slogan karena ikut pelatihan online, sementara saya belum tahu banyak. Makanya, begitu ada pelatihan ini, saya langsung antusias untuk ikut.”

Pelatihan ini mendapatkan respon positif dan dinilai sangat membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM di Desa Gelam.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim Gelar Pelatihan Digital Marketing untuk Pelaku UMKM Gelam

Trending Now