Kapolres Batu Bersama Forkopimda Batu-Malang Gelar Rakor Eksternal Jelang Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Admin JSN
15 Agustus 2024 | 23.59 WIB Last Updated 2024-08-15T16:59:46Z

 

Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranatha, bersama Forkopimda Batu-Malang menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral sebagai persiapan pengamanan Pilkada Serentak 2024 di Hall Arjuna Hotel Selecta

KOTA BATU | JATIMSATUNEWS.COM – Dalam rangka persiapan pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, Polres Batu menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantap Praja Semeru 2024 di Hall Arjuna Hotel Selecta, Kamis (15/8/2024). 

Rapat Koordinasi ini dipimpin langsung oleh Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranatha, S.H., S.I.K., M.Si., dan dihadiri oleh PJ Walikota Batu, Aries Agung Paewai, S.Stp., Bupati Malang, H. Sanusi, Mayor Arh M. Ridwan (Pabung mewakili Dandim 0818), serta jajaran Forkopimda Batu, Wakil Ketua DPRD Batu, Nurochman, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Batu dan Kabupaten Malang, Satpol PP dari Kota Batu dan Kabupaten Malang, Kepala Kesbangpol Batu, Dishub Kota Batu, KPU dari Batu dan Kabupaten Malang, Bawaslu dari Batu, Pujon, Ngantang, dan Kasembon, serta perwakilan Muspika, parpol, dan ormas se-Kota Batu.

Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranatha, menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini diadakan sebagai bagian dari Operasi Mantap Praja Semeru 2024 yang akan dimulai pada 19 Agustus 2024 dan berlangsung hingga 31 Desember 2024. 

"Kami mencoba mengejar waktu, kebetulan ada petunjuk dari Mabes Polri bahwa pihak kepolisian mengambil Operasi Mantap Praja khususnya di Jawa Timur. Aktivitas menuju operasi berarti harus dilaksanakan, dan kami telah mempersiapkan mekanisme rakor dan sispam kota," ujar AKBP Andi Yudha.

Kapolres juga menekankan pentingnya rapat koordinasi ini untuk memperkuat proses komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi antara Polres Batu dan pihak-pihak terkait dalam Pilkada yang akan datang. Dengan demikian, diharapkan pelaksanaan Operasi Mantap Praja Semeru 2024 dapat berjalan lancar dan sukses.

"Pada pelaksanaan operasi di Senin depan, kami sudah masuk dalam zona kolaborasi, tidak lagi mempermasalahkan soal komunikasi dan koordinasi, namun levelnya sudah pada level kolaborasi dalam mengelola penyelenggaraan pemilu supaya nantinya mendapatkan pemimpin yang diharapkan oleh masyarakat dan prosesnya legitimate serta legitimasinya ada," tambah Kapolres Batu.

Selain itu, AKBP Andi Yudha Pranatha menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pemetaan di wilayah hukum Polres Batu, yang meliputi tiga kecamatan di Kota Batu dan tiga kecamatan di Kabupaten Malang. 

"Harapan kami, Pilkada di wilayah hukum Polres Batu, baik di Kota Batu maupun Kabupaten Malang, dapat berjalan lancar, aman, dan sukses," tegasnya.

Rapat Koordinasi Eksternal ini diakhiri dengan penandatanganan Deklarasi Damai oleh seluruh partai politik di Kota Batu, Kodim 0818, Polres Batu, KPU, dan Bawaslu. Usai penandatanganan, Kapolres Batu kepada awak media menyampaikan dua agenda besar dalam rakor ini. Pertama, menyamakan persepsi tentang progres persiapan Pilkada serentak 2024, khususnya pemilihan Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati baik di Kabupaten Malang maupun di Kota Batu. Kedua, memastikan adanya tekad yang sama untuk mensukseskan Pilkada serentak 2024 yang damai.

"Harapannya, Pilkada ini betul-betul menjadi sebuah pesta yang dinikmati masyarakat dengan damai serta nyaman," pungkas Kapolres Batu.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolres Batu Bersama Forkopimda Batu-Malang Gelar Rakor Eksternal Jelang Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Trending Now