Inovasi Terbaru: Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur Ciptakan Gummy Tebu di Desa Bejijong

Admin JSN
04 Agustus 2024 | 22.31 WIB Last Updated 2024-08-04T15:31:15Z

 Kegiatan Sosialisasi dan Demonstrasi Inovasi Pembuatan Gummy Tebu


MOJOKERTO | JATIMSATUNEWS.COM – Tebu merupakan salah satu komoditas unggulan Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Namun, pemanfaatan hasil olahan tebu masih terbatas dan kurang bervariasi sehingga hasil produksi tebu belum mampu memberikan nilai tambah yang maksimal bagi para petani. Hal ini mendorong perlunya upaya diversifikasi pangan untuk mengembangkan produk olahan tebu yang lebih beragam dan bernilai jual tinggi.

Menanggapi kebutuhan tersebut, mahasiswa KKNT Bela Negara UPN "Veteran" Jawa Timur hadir dengan inovasi baru yaitu pembuatan produk gummy tebu, yang merupakan hasil olahan sari tebu sebagai salah satu bentuk diversifikasi pangan.

Pada hari Minggu tanggal 4 Agustus 2024, mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan demonstrasi proses pembuatan gummy tebu. Kegiatan ini bertempat di balai RT 02 RW 01 dan dihadiri oleh perwakilan warga Dusun Kedungwulan, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Dari kegiatan tersebut, mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur berharap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat agar memiliki inovasi dalam penjualan produk yang dapat menjadi ciri khas dari Desa Bejijong. 

“Semoga dengan adanya inovasi produk berupa permen gummy dari tebu ini dapat menjadi produk olahan khas dari Desa Bejijong,” ungkap Vidi, perwakilan dari mahasiswa Kelompok 2 KKNT Bela Negara.

Kepala Desa Bejijong, Pradana Tera Mardiatna, juga menyambut baik inovasi mahasiswa berupa produk permen gummy tebu. Ungkapan ini disampaikan saat kegiatan Pemaparan Program Kerja Mahasiswa KKNT Bela Negara di Balai Desa Bejijong pada 24 Juli 2024 lalu. 

“Saya tertarik dengan pengolahan tebu menjadi permen gummy, itu yang kayaknya belum ada di Kabupaten Mojokerto. Kegiatan ini bagus, mungkin bisa dikolaborasikan dengan PKK. Karena selama mengikuti lomba inovasi pangan tidak sesuai dengan komoditi kami,” ungkapnya.

Kegiatan berlangsung selama 90 menit dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang. Peserta menyambut kegiatan sosialisasi sekaligus demonstrasi pembuatan gummy tebu dengan penuh antusias. 

Antusiasme warga terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Warga pun beranggapan bahwa gummy tebu dapat dijadikan produk khas dari Desa Bejijong. 

“Inovasi gummy tebu ini bisa sebagai alternatif yang cocok untuk dijadikan produk olahan yang unggul dan khas dari Desa Bejijong,” ungkap Ibu Hani, salah satu peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi dan demonstrasi.

Dukungan dan penerimaan dari masyarakat serta pemerintah desa menunjukkan bahwa produk ini berpotensi menjadi ciri khas unggulan yang dapat meningkatkan perekonomian Desa Bejijong. 

Semoga inovasi produk yang diciptakan oleh mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur ini menginspirasi berbagai pihak untuk terus mengembangkan potensi lokal demi kemajuan bersama.

Penulis: Erniz Regi Nobelyta Zuniyanto, Akmal Zaki Agdinta

#Sosialisasi #Demonstrasi #InovasiProduk #GummyTebu #Trowulan #KKNTBelaNegara #UPNVeteranJawaTimur
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inovasi Terbaru: Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur Ciptakan Gummy Tebu di Desa Bejijong

Trending Now