Polres Ngawi Optimalkan Patroli Cipta Kondisi, Jelang Suroan

Admin JSN
07 Juli 2024 | 08.19 WIB Last Updated 2024-07-07T01:19:38Z


NGAWI | JATIMSATUNEWS.COM - Peringatan malam 1 Suro atau Muharam 1446 , Polres Ngawi Polda Jatim mengoptimalkan kegiatan pengamanan dan patroli cipta kondisi di wilayah Kabupaten Ngawi. 

Sebelum kegiatan patroli dan pengamanan, terlebih dahulu Polres Ngawi menggelar apel kesiapan pengamanan malam 1 Suro/Muharam 1446 H di lapangan Satya Haprabu pada Sabtu sore (6/7/2024), yang diikuti juga oleh TNI dan instansi terkait.

Pengamanan dan patroli ini difokuskan pada wilayah-wilayah yang rawan bertujuan untuk mencegah kerusuhan yang sering terjadi akibat perselisihan antar perguruan silat.

Kegiatan yang dilakukan oleh Polres Ngawi adalah menyisir tempat-tempat umum yang sering digunakan sebagai lokasi berkumpul dan nongkrong anak muda, serta menjaga di perbatasan wilayah Ngawi.

Langkah ini diambil demi menjaga keamanan dan kenyamanan warga masyarakat Ngawi

Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono S.H., S.I.K., M.Si. didampingi Komandan Kodim 0805 Ngawi Letkol Arm Didik Kurniawan, menyatakan bahwa patroli ini merupakan bagian dari upaya preventif untuk memastikan situasi kondusif selama peringatan Suroan.

"Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, terutama di titik-titik yang rawan perselisihan dan kerusuhan, juga di perbatasan wilayah masuk Ngawi," ujar Argo sapaan akrab Kapolres Ngawi, pada Sabtu (6/7/2024)

Kapolres Ngawi juga berharap kepada masyarakat untuk bekerjasama dalam menciptakan kondusifitas dan melaporkan kepada Polisi jika melihat ada potensi tindak kriminalitas.

"Kerja sama dengan masyarakat sangat diharapkan untuk melaporkan segala aktivitas yang mencurigakan ataupun yang berpotensi tindak kriminalitas," ujarnya.

Patroli tersebut melibatkan seluru personel Polres Ngawi dari berbagai satuan, termasuk anggota dari satuan Sabhara, Reskrim, dan Intelkam, termasuk Polwan.

Seluruhnya bekerja sama dalam mengawasi serta memantau situasi di lapangan. 

Selain itu, patroli ini juga mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis, di mana anggota polisi berinteraksi langsung dengan masyarakat, memberikan imbauan, serta mengajak untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan.

Dengan adanya patroli cipta kondisi ini, diharapkan suasana menjelang Suroan di Kabupaten Ngawi dapat berjalan dengan aman dan tertib serta mampu mencegah terjadinya konflik antar perguruan silat yang kerap kali menciptakan keresahan di tengah masyarakat.

Polres Ngawi juga mengimbau kepada seluruh warga untuk tetap tenang dan ikut berpartisipasi dalam menjaga ketertiban lingkungan sekitar. 

“Aktifkan kembali siskamling di wilayah masing masing, gotong royong dan bekerja sama dalam menjaga kondusifitas adalah langkah paling awal yang ditempuh,” tambahnya

Kegiatan patroli ini akan terus berlangsung hingga peringatan Suroan selesai, memastikan setiap sudut wilayah Ngawi dalam keadaan aman dan kondusif.

Kapolres Ngawi menegaskan bahwa keamanan dan kenyamanan masyarakat adalah prioritas utama yang harus dijaga bersama. 

“Prioritas kami adalah melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat," pungkas Kapolres Ngawi usai memimpin apel kesiapan. (hmsresngw,-)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polres Ngawi Optimalkan Patroli Cipta Kondisi, Jelang Suroan

Trending Now