Pj. Bupati Pasuruan Resmikan RS Hermina Pasuruan: Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Admin JSN
20 Juli 2024 | 09.50 WIB Last Updated 2024-07-20T02:50:00Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM - Pj. Bupati Pasuruan, Andriyanto berharap, kehadiran RS Hermina Pasuruan akan membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat. Pernyataan itu disampaikannya sesaat sebelum meresmikan gedung berlantai empat yang memiliki visi memberikan pelayanan yang cepat dan akurat dengan mengutamakan keselamatan pasien.

Di hadapan Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk., dr. Hasmoro, yang hadir bersama jajaran manajemen dan tenaga kesehatan, Pj. Bupati Andriyanto menyampaikan rasa optimismenya terhadap eksistensi dan kredibilitas RS Hermina Pasuruan dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan, baik sebagai entitas sosial maupun bisnis.

"Di Pasuruan sisi timur kami membutuhkan peningkatan pelayanan kesehatan. Tentunya tidak bisa di-cover oleh RSUD Grati saja. Tapi membutuhkan mitra RS swasta yang kredibel dan tidak diragukan lagi kualitasnya. Sehingga nanti insyaallah dengan kehadiran RS Hermina Pasuruan bisa terus meningkatkan kualitas SDM, terutama di bidang kesehatan di Kabupaten Pasuruan," jelasnya.

Dalam sambutannya, Andriyanto, yang merupakan Ketua DPP PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia), menekankan pentingnya konsep kemitraan sinergis yang harus dipedomani RS Hermina Pasuruan. Tujuan utamanya adalah saling melengkapi dan menyempurnakan pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Pasuruan.

"Kalau seandainya RS Hermina pada saat memberikan pelayanan ada kekurangannya maka bisa bermitra dengan RSUD Grati. Demikian juga sebaliknya. Jadi kalau seandainya di RS Hermina ada beberapa peralatan yang kurang, maka bisa dirujuk ke RSUD Grati atau RSUD Bangil. Maka konteksnya bukan kompetisi, tapi kemitraan," urainya.

Acara yang digelar di halaman RS Hermina Pasuruan pada hari Kamis (18/7/2024) tersebut, juga dimanfaatkan Pj. Bupati Andriyanto untuk berpesan kepada semua pihak manajemen, pegawai, staf, serta tenaga kesehatan dan non-kesehatan RS Hermina Pasuruan agar terus termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugasnya.

"Pesan saya, teruslah berbuat baik kepada sesama. Berikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan sikap ramah, tulus, dan ikhlas. Semoga ke depan RS Hermina Pasuruan terus mampu memberikan pelayanan yang prima. Mudah, cepat, nyaman, berkualitas dan bermutu, sesuai dengan motto 'Mengutamakan Mutu Pelayanan dan Keselamatan Pasien'," pesannya.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk., dr. Hasmoro menyatakan komitmennya dalam mengoptimalkan kualitas pelayanan kesehatan, terutama dengan ketersediaan dokter spesialis dan fasilitas RS yang memadai.

"Dokter spesialis kami ada 35 dokter spesialis dan 8 dokter umum. Total SDM ada 114 orang. Demikian juga untuk perawatan lainnya. Untuk rawat inap, kami menyiapkan ada 140 tempat tidur. Siap mendukung program Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat supaya bisa merata," tandasnya dengan bersemangat.

Ditambahkannya, meskipun saat ini RS Hermina Pasuruan belum bekerjasama dengan BPJS karena masih baru dibuka sekitar dua bulan, target mereka adalah mengajukan akreditasi dan bekerjasama dengan BPJS pada September 2024. Diharapkan, tahun ini RS Hermina Pasuruan sudah mampu mendukung program Pemerintah Daerah dalam melayani kesehatan masyarakat.

Peresmian RS Hermina Pasuruan ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan roncean bunga melati oleh Pj. Bupati Andriyanto. Acara dilanjutkan dengan peninjauan ke dalam RS, mulai dari IGD dan Poli Rawat Jalan di lantai satu, Unit Kamar Operasi dan ICU di lantai dua, hingga Ruang Rawat Inap Padma di lantai empat, di mana Pj. Bupati berkesempatan berinteraksi dengan pasien berusia 91 tahun, Soepatmi, yang sedang dirawat, seraya menyemangatinya agar lekas sembuh.

Pewarta: Bli
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pj. Bupati Pasuruan Resmikan RS Hermina Pasuruan: Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Trending Now