Demi Pencegahan Stunting, Mahasiswa KKN Mendalan UINSA Gelar Acara Demo Masak

Admin JSN
20 Juli 2024 | 23.37 WIB Last Updated 2024-07-21T03:21:21Z

 


Mahasiswa KKN UINSA kelompok 74 menggelar kegiatan "Demo Masak" di balai desa Mendalan, sebagai bagian dari upaya pencegahan stunting melalui edukasi pengolahan makanan

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM – Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 74 mengadakan kegiatan "Demo Masak" di balai desa Mendalan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, pada Rabu, 17 Juli 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja kelompok KKN UINSA dengan tujuan memberikan edukasi dan inovasi pengolahan makanan kepada para ibu yang memiliki anak stunting atau kurang gizi.

"Desa Mendalan ini adalah desa yang memiliki dusun paling banyak. Mungkin desa-desa lain hanya punya 3 sampai 4 dusun, sedangkan di Mendalan ini kita punya 7 dusun di mana angka stunting juga tergolong tinggi," jelas Kepala Desa Mendalan.

Demo masak dimulai pukul 09.30 WIB, setelah kegiatan posyandu stunting, dan dihadiri oleh 20 ibu yang memiliki anak stunting, 7 kader desa, dan 1 bidan desa. 

"Alhamdulillah acaranya berjalan lancar dan tidak molor karena kegiatan posyandu. Di sini kami mendemokan dua menu, yaitu dimsum ayam dan es jagung," ungkap Nadiya, ketua pelaksana kegiatan.

Kelompok KKN memilih dimsum ayam dan es jagung karena makanan tersebut mudah dimasak serta kaya akan protein hewani dan nabati. Selain itu, es jagung adalah inovasi yang belum pernah diproduksi di desa tersebut.

"Kami berharap hasil dari kegiatan ini dapat menjadi bahan edukasi dan inspirasi bagi warga desa dalam upaya pencegahan stunting," tambah Nadiya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Demi Pencegahan Stunting, Mahasiswa KKN Mendalan UINSA Gelar Acara Demo Masak

Trending Now