Revitalisasi KUD Tonggak Kebersamaan Pemerintah dan masyarakat, Menuju Masyarakat Mandiri dan Tangguh".

Abdullah
22 Juni 2024 | 12.55 WIB Last Updated 2024-06-22T05:55:45Z


Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo Gelar Deklarasi Revitalisasi Koperasi Unit Desa(KUD), Sidoarjo(21/06/24)

Pendampingan bagi seluruh Koperasi Unit Desa ( KUD ) di kabupaten Sidoarjo telah usai dilaksanakan. Pendampingan selama satu bulan  oleh Tenaga Ahli Pendamping KUD.

Sebagai apresiasi dalam acara pamungkas pendampingan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro kabupaten Sidoarjo menggelar Deklarasi Revitalisasi KUD dengan Menggandeng KP KUD Delta Raharja, mengusung tema "bergerak bersama, membangunkan raksasa ekonomi yang sedang tidur.

Acara deklarasi yang dilaksanakan pada Jumat (21/06) Dihadiri oleh 100 peserta, terdiri dari unsur pengurus harian atau inti dan pengawas seluruh KUD di Sidoarjo.

Mohammad Edi Kurniadi, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro kabupaten Sidoarjo dalam sambutannya mengatakan, " Deklarasi revitalisasi KUD di Sidoarjo merupakan tonggak kebersamaan antara pemerintah dan seluruh KUD,

Semua bertujuan  untuk bergerak bersama, bangkit dan berbenah, Sehingga KUD kembali menjadi lembaga ekonomi masyarakat yang mandiri dan tangguh".

Koperasi Unit Desa pernah pada masanya merupakan lembaga ekonomi masyarakat yang vital dan menggerakkan perekonomian di Indonesia dengan bermacam layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat serta memberikan kemudahan lainnya.

Namun tentunya seiring perkembangan jaman, KUD harus mampu bermetamorfosis agar tetap menjadi primadona dalam  menjawab kebutuhan dan melayani wadah dalam berkegiatan ekonomi.

Sementara itu, kepala bidang koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo  Karyani Arya Wijojok, menambahkan, " Deklarasi Revitalisasi Koperasi Unit Desa merupakan agenda bersejarah bagi KUD di kabupaten Sidoarjo dalam mengukuhkan komitmen bersama untuk memperbaiki administrasi kelembagaan Koperasi dan memperkuat perangkat organisasi koperasi serta membimbing koperasi  untuk berjalan dengan tata kelola yang baik. Serta melakukan restrukturisasi anggota Koperasi sesuai mekanisme yang benar. Menjalankan kegiatan usaha Koperasi yang berorientasi pada kesejahteraan anggota dan masyarakat".

Ketua KP KUD Delta Raharja Kabupaten Sidoarjo Slamet Wibisono memberikan testimoni bahwa seluruh KUD Kabupaten Sidoarjo bersyukur dan berterima kasih atas dilaksanakannya kegiatan pendampingan dan deklarasi revitalisasi ini.

Karena seluruh temuan Tenaga Ahli Pendamping KUD adalah identifikasi masalah yang akan disolusikan bersama oleh pengurus dan anggota masing masing KUD.(Di)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Revitalisasi KUD Tonggak Kebersamaan Pemerintah dan masyarakat, Menuju Masyarakat Mandiri dan Tangguh".

Trending Now