Mobil Tiada Terawat

Admin JSN
08 Juni 2024 | 18.04 WIB Last Updated 2024-06-09T11:46:03Z
Mobil-mobil yang kurang terawat di jalanan Makkah, terlihat dengan cat tergores dan body penyok, mencerminkan berbagai faktor seperti iklim panas, mahalnya ongkos perbaikan, dan kepercayaan agama.

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Kenapa mobil di Makkah banyak yang kurang terawat? Sering kita melihat saat melintas di jalanan Makkah, mobil-mobil yang sangat kurang terawat. Banyak yang cat tergores, body penyok, sebagian body lepas atau aksesoris hilang. Atau mobil-mobil yang masih layak bagi kita namun dibiarkan begitu saja dipinggir jalan atau di samping bangunan. Bahkan yang paling banyak adalah mobil-mobil mewah namun juga kurang terawat. Paling tidak penuh dengan debu mengelilingi body mobil. 

Menurut salah satu warga Indonesia yang Mukimin (menetap) di Saudi, yang mengantar jama'ah rombongan 7 ke tempat penyembelihan Dam dan Ziaroh religi, salah satu sebabnya adalah ongkos perbaikan yang sangat mahal. Ongkos perbaikan bisa 5 kali lipat lebih mahal dari ongkos biasanya. Termasuk jika pergantian onderdil, menurut beliau, ongkos pemasangan onderdil juga bisa 5 kali lipat lebih mahal dari onderdilnya. Makanya pemilik mobil sangat enggan untuk memperbaiki mobil atau servis mesin.

Namun secara umum, ada beberapa alasan sehingga mobil di Makkah kurang terawat. Diantaranya : 

Pertama, Iklim yang panas dan berdebu. Mekkah terletak di daerah gurun dengan suhu yang sangat tinggi dan banyak debu. Hal ini dapat merusak mobil, menyebabkan cat memudar, ban aus sebelum waktunya, dan mesin menjadi panas berlebih.

Kedua, Kurangnya tempat parkir. Tempat parkir di Mekkah sangat langka, terutama selama musim ramai. Hal ini dapat menyebabkan mobil diparkir di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama, yang dapat lebih merusak cat dan interior.

Ketiga, Keterlantaran. Beberapa pemilik mobil di Mekah mungkin mengabaikan kendaraan mereka karena kekurangan waktu atau uang. Hal ini bisa disebabkan karena banyak orang di Mekkah bekerja di industri pariwisata, yang bisa menuntut dan memakan waktu. Selain itu, biaya perawatan mobil bisa tinggi, terutama untuk suku cadang impor.

Keempat, Kepercayaan agama. Beberapa orang di Mekah mungkin percaya bahwa tidak penting untuk menjaga kebersihan atau perawatan mobil mereka, karena mereka hanya milik sementara. Keyakinan ini didasarkan pada konsep Islam tentang pelepasan dari harta duniawi.

Perlu dicatat bahwa ini hanya beberapa pengamatan umum, dan ada banyak mobil yang terawat baik di Mekkah. Namun, faktor-faktor yang tercantum di atas dapat berkontribusi pada insiden mobil yang tidak terawat dengan baik di kota tersebut.

Refan Purba
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mobil Tiada Terawat

Trending Now