Mahasiswa UINSA Laksanakan Kuliah Kerja Nyata di Desa Plososari, Pasuruan

Admin JSN
20 Juni 2024 | 06.34 WIB Last Updated 2024-06-20T04:28:34Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM – Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menugaskan mahasiswa dan mahasiswinya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di enam desa di Kecamatan Grati. Salah satu desa yang menjadi lokasi KKN adalah Desa Plososari, Rabu (19/06/2024).

Sebanyak 27 mahasiswa, yang terdiri dari 7 laki-laki dan 20 perempuan dari berbagai program studi, tiba di Desa Plososari untuk memulai KKN mereka. Mereka didampingi oleh Dr. M. Anis Bachtiar, M.Fil.I, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSA Surabaya. Serah terima mahasiswa KKN dilaksanakan di Pendopo Desa Plososari pada pukul 11.40 hingga 12.30 WIB.

"Anak-anak kami serahkan ke Desa Plososari Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan untuk melaksanakan tugas Kuliah Kerja Nyata (KKN) sejak tanggal 19 Juni hingga 26 Juli 2024 dengan judul penelitian 'Penanganan Stunting, Perlindungan Anak, dan Peran Perempuan di Desa'," ujar Dr. M. Anis Bachtiar dalam sambutannya.



Penerimaan mahasiswa UINSA dari pihak Pemerintah Desa Plososari dihadiri oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) beserta anggotanya, pelaksana tugas Sekretaris Desa, dan Kepala Dusun Krajan I sebagai penanggung jawab wilayah yang ditempati KKN.

"Alhamdulillah, Desa Plososari dipercaya oleh berbagai universitas, sekolah, dan pondok pesantren untuk digunakan sebagai tempat pengabdian, penelitian, dan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mereka merasa nyaman berkolaborasi dengan masyarakat dan anak-anak sekolah di Desa Plososari, sehingga hampir setiap tahun selalu ada yang dikirim ke desa kami. Meski ada pandangan negatif dari luar yang menganggap desa ini penuh tantangan dan menakutkan, pada kenyataannya Desa Plososari tidak seperti itu. Mahasiswa yang pernah KKN di sini membuktikan bahwa desa kami aman dan nyaman," ujar Ketua BPD Plososari, Ketut, dalam sambutannya.

"Sebagai bukti nyata, bulan ini Desa Plososari menerima dua kelompok mahasiswa KKN dari dua universitas berbeda. Yang pertama dari UINSA Surabaya dengan 27 mahasiswa pada tanggal 19 Juni hingga 26 Juli 2024, dan yang kedua dari Universitas Brawijaya Malang dengan 25 mahasiswa dari Fakultas Pertanian pada tanggal 1 hingga 31 Juli 2024 yang didampingi oleh Mahfudlotul 'Ula, S.E., M.Si., dan Alia Fibrianingtyas, S.P., M.P.," tambahnya di akhir acara.

Dengan kehadiran mahasiswa dari dua universitas tersebut, diharapkan Desa Plososari dapat semakin berkembang dan mendapatkan manfaat positif dari kegiatan KKN yang dilaksanakan.


Pewarta: Bli | Editor: Fachry
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa UINSA Laksanakan Kuliah Kerja Nyata di Desa Plososari, Pasuruan

Trending Now