Mahasiswa KKN Desa Wonosalam Ajak Siswa SDN Wonosalam 1 Menanam Toga di Halaman Sekolah

Admin JSN
15 Juni 2024 | 10.21 WIB Last Updated 2024-06-15T03:21:59Z

Penanaman toga di halaman sekolah SDN Wonosalam 1 oleh mahasiswa KKN beserta para siswa kelas 4 dan 5

WONOSALAM|JATIMSATUNEWS.COM - Antusiasme terlihat jelas di wajah para siswa kelas 4 dan 5 SDN Wonosalam 1 pada hari Jumat (10/5). Bersama dengan Kelompok 1 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, mereka bersemangat menanam tanaman obat keluarga (toga) di halaman belakang sekolah.

Kegiatan penanaman toga ini merupakan salah satu program kerja Kelompok 1 KKN Desa Wonosalam yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang manfaat toga. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat dan asri.

Sebelum kegiatan penanaman dimulai, Achmad Fauzi dari Kelompok 1 KKN memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang manfaat toga. Dalam penyuluhannya, Fauzi menjelaskan bahwa toga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengobati batuk, pilek, diare, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Para siswa tampak antusias mendengarkan penyuluhan tersebut. Mereka juga mengajukan beberapa pertanyaan tentang toga kepada kakak pendamping. Setelah penyuluhan, para siswa diajak langsung untuk menanam toga. Tanaman toga yang ditanam di antaranya adalah jahe, kunyit, dan kencur, yang dibawa para siswa dari rumah masing-masing.

Dengan penuh semangat, para siswa menanam toga di bawah bimbingan anggota Kelompok 1 KKN. Mereka tampak senang dan bangga dapat berkontribusi dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat dan asri.

Kepala sekolah SDN Wonosalam 1 menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kelompok 1 KKN atas inisiatif mereka dalam melaksanakan kegiatan penanaman toga ini dan berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi dalam belajar mengenal dan memanfaatkan tanaman toga.

Memasuki minggu ketujuh pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN), anggota KKN 01 melanjutkan program kerja mereka di SDN Wonosalam 1 dengan memasang pagar taman. Di minggu sebelumnya, mereka membuat taman sekaligus menanam toga bersama siswa-siswi SDN Wonosalam 1. Pemasangan pagar ini dilakukan guna memperindah taman toga yang sudah mereka buat sebelumnya.

Setelah pagar terpasang, mereka segera menyerahkan taman kepada pihak sekolah. Dalam acara penyerahan yang dihadiri kepala sekolah SDN Wonosalam 1 dan salah satu guru, ketua pelaksana program kerja ini resmi menyerahkan taman toga kepada sekolah. Kepala sekolah juga berpesan kepada para siswa untuk merawat tanaman toga agar tumbuh subur dan memberikan manfaat. Mahasiswa KKN berharap dengan adanya kegiatan penanaman toga ini, siswa-siswi SDN Wonosalam 1 akan lebih menghargai manfaat toga dan mulai terbiasa merawat tanaman.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN Desa Wonosalam Ajak Siswa SDN Wonosalam 1 Menanam Toga di Halaman Sekolah

Trending Now