Sosialisasi Zero Waste oleh Kelompok 4 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur di TK Dharma Wanita II

Admin JSN
27 Mei 2024 | 11.13 WIB Last Updated 2024-05-27T04:13:13Z

 


Sosialisasi Zero Waste oleh Kelompok 4 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur di TK Dharma Wanita II

 

Anggota Kelompok 4 KKN-T MBKM UPNVJT  Melakukan Sosialisasi Zero Waste di TK Dharma Wanita Dusun Semen, Desa Musir Kidul, Kec. Rejoso, Kab. Nganjuk

Sumber: Dokumentasi Pribadi Kelompok 4

Anak-anak memiliki energi dan rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia di sekitar mereka. Namun, konsep Zero Waste mungkin belum terlalu familiar bagi mereka. Kurangnya pemahaman tentang Zero Waste pada anak-anak TK dapat menyebabkan kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi sampah.

Menyadari kurangnya pemahaman anak usia dini mengenai Zero Waste, kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur menggelar acara sosialisasi dengan judul “Zero Waste Anak Usia Dini” yang berfokus pada gaya hidup ramah lingkungan, khususnya konsep Zero Waste. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2024 dan dihadiri oleh para guru serta siswa-siswi TK “Dharma Wanita II” di Dusun Semen Desa Musir kidul Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk yang antusias untuk belajar lebih banyak tentang cara menjaga lingkungan melalui prinsip Zero Waste.

Kegitan sosialisasi ini dilakukan sebagai bentuk pentingnya mendidik anak-anak sejak dini tentang pentingnya menjaga lingkungan, bahwa dengan memperkenalkan konsep Zero Waste sejak usia dini, anak-anak akan tumbuh menjadi individu yang peduli terhadap lingkungan dan menerapkan kebiasaan yang berkelanjutan.

Acara sosialisasi ini mencakup berbagai kegiatan interaktif, mulai dari video animasi bergambar tentang pemilahan sampah organik, pemahaman mengenai arti Zero Waste bagi anak usia dini, hingga praktik dan contoh penerapan Zero Waste dalam kehidupan sehari-hari. Para siswa diberi pemahaman tentang pentingnya mengurangi, mendaur ulang, dan mendaur ulang sampah untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Para guru juga berharap bahwa acara ini tidak hanya menjadi momen sekali-kali, tetapi menjadi awal dari perubahan perilaku yang berkelanjutan. Mereka berkomitmen untuk terus mengintegrasikan konsep Zero Waste ke dalam pembelajaran dan aktivitas sehari-hari di TK "harma Wanita II".

Acara sosialisasi Zero Waste di TK "Dharma Wanita II" ini menjadi bukti bahwa upaya untuk mengajarkan kepedulian lingkungan dapat dimulai dari usia dini, di mana dengan memberikan pemahaman sejak dini tentang pentingnya Zero Waste, kita membuka jalan menuju pembentukan generasi masa depan yang lebih bertanggung jawab terhadap bumi kita. Dengan demikian, anak-anak akan tumbuh menjadi individu yang sadar akan dampak dari tindakan mereka terhadap lingkungan, dan siap untuk mengambil langkah-langkah kecil namun signifikan dalam menjaga kelestarian alam.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi Zero Waste oleh Kelompok 4 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur di TK Dharma Wanita II

Trending Now