Pengenalan dan Pelatihan Penanaman secara Vertikultur pada Anak-anak SDN 01 Jarak oleh Mahasiswa KKN-T 03 Desa Jarak

Admin JSN
29 Mei 2024 | 09.09 WIB Last Updated 2024-05-29T02:09:01Z

 


Pengenalan dan Pelatihan Penanaman secara Vertikultur pada Anak-anak SDN 01 Jarak oleh Mahasiswa KKN-T 03 Desa Jarak

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-T 03 Desa Jarak adalah mengajarkan anak-anak SDN 01 Jarak untuk praktik menanam tanaman secara vertikal atau biasa disebut vertikultural terkhusus anak kelas 3 dan 4. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa KKN-T UPN “Veteran” Jawa Timur.

Vertikultural adalah sebuah konsep pertanian yang mengacu pada praktik menanam tanaman secara vertikal, biasanya dalam wadah bertingkat atau struktur bertingkat. Dengan menggunakan teknik ini, tanaman ditanam dalam ruang terbatas secara vertikal, seperti dinding, rak, atau struktur khusus lainnya, daripada secara horizontal di tanah. Pendekatan vertikultural ini dapat digunakan baik di lingkungan perkotaan maupun pedesaan, dan memiliki beberapa keuntungan, termasuk efisiensi penggunaan ruang, pengurangan kebutuhan air, dan kemampuan untuk menanam tanaman di tempat-tempat yang sulit dijangkau secara tradisional. Ini juga dapat menjadi solusi untuk meningkatkan produksi pangan dalam lingkungan perkotaan yang padat.

Mahasiswa KKN-T menggunakan bibit tanaman pakcoy dan kangkung dan botol aqua bekas 1,5 liter sebagai media tanaman. Terlihat siswa siswi SDN 01 Jarak sangat antusias dan semangat dalam praktik vertikultural tersebut. Menurut pengakuan beberapa siswa mereka belum pernah melakukan praktik vertikultural sebelumnya. Maka dari itu kegiatan ini mendapat sambutan positif dari kepala sekolah dan guru-guru yang ada di SDN 01 Jarak. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengenalan dan Pelatihan Penanaman secara Vertikultur pada Anak-anak SDN 01 Jarak oleh Mahasiswa KKN-T 03 Desa Jarak

Trending Now