Mewujudkan kesadaran potensi Eduwisata berbasis pertanian, mahasiswa KKN kelompok 3 UPN Jatim lakukan Gerakan tanam 100 bibit cabai dan terong di Kampung Ekologi Temas kota Batu

Anis Hidayatie
16 Mei 2024 | 06.11 WIB Last Updated 2024-05-15T23:14:23Z
Mewujudkan kesadaran potensi Eduwisata berbasis pertanian, mahasiswa KKN kelompok 3 UPN Jatim lakukan "Gerakan tanam 100 bibit cabai dan terong di Kampung Ekologi Temas kota Batu."

BATU | JATIMSATUNEWS.COM: Mahasiswa KKN kelompok 3 UPN "Veteran" Jawa timur prodi Pariwisata di Kampung Ekologi Temas Kota Batu. Adanya program yang dibuat untuk memberikan kesadaran terhadap masyarakat adanya potensi eduwisata dengan pendayagunaan media penanaman. 

Dengan melakukan gerakan "Gerakan menanam 100 Bibit Cabai dan Terong" . Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 10 Maret 2024 di kampung Ekologi Temas RW 06. Dalam pelaksanaan agenda tersebut, sebelumnya telah diadakan sosialisasi dengan berdiskusi bersama perangkat desa (pak RW, ibu PKK, bapak KPK (komunitas penggali kubur) . 

Adanya program ini dikarenakan hasil dari diskusi yang menemukan kesepakatan adanya kegiatan tersebut berlangsung, tujuan adanya dari kegiatan tersebut ialah agar memberikan kesadaran akan masyarakat ekologi Temas dalam pemanfaatan media tanam untuk sekitar, dan dalam dunia pariwisata hal tersebut akan menimbulkan potensi "eduwisata" yang bisa dikembangkan dikampung tersebut. 

 Kegiatan dimulai dengan menyiapkan 100 bibit Cabai dan Terong, lalu masyarakat membantu untuk melakukan penanaman bersama dengan melakukan pencampuran sekem dan tanah. Setelah bibi tersusun baik didalam polybag, tanaman tersebut dibagikan di setiap RT yang berada di RW 06. 

Dalam aktivitas pembagian tersebut warga sangat berantusias dan berkomitmen akan merawat bibit cabai dan terong. 

 "Kami sangat senang dengan kegiatan ini, kegiatan ini membuat kami berkumpul kembali seperti dulu, kami setiap RT akan berusaha menjaga dan merawat bibit yang sudah diberikan mas dan mbak" ungkap Bu Yul selalu ketua Pokja 2 Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh oleh pak RW 06 Kampung Ekologi Temas.
 "Terima kasih, mas mbak sudah memberikan dukungan dengan memberi bibit tersebut dan membuat kegiatan penanaman bersama semoga adanya kegiatan ini membangun kesadaran masyarakat dalam pemanfaatan media tanam yang bisa dikembangkan dalam eduwisata. Sehingga tidak hanya perangkat desa yang memberikan edukasi nantinya terhadap wisatawan namun masyarakat akan menjadi bagian dalam mengelola wisata tersebut" ungkap Pak Taslan selaku ketua RW 06.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mewujudkan kesadaran potensi Eduwisata berbasis pertanian, mahasiswa KKN kelompok 3 UPN Jatim lakukan Gerakan tanam 100 bibit cabai dan terong di Kampung Ekologi Temas kota Batu

Trending Now