KESENIAN TARI THENGUL YANG MEMPERKAYA BUDAYA DI BOJONEGORO

Admin JSN
22 Mei 2024 | 07.11 WIB Last Updated 2024-05-22T00:54:51Z

 

KESENIAN TARI THENGUL YANG MEMPERKAYA BUDAYA DI BOJONEGORO

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Tari Thengul merupakan tarian tradisional yang berasal dari Kampung Thengul,Bojonegoro, Jawa Timur yang biasanya dipentaskan secara berkelompok dengan 10 penari atau bisa juga lebih dengan gerakan, ekspresi, dan kostum yang menyerupai Wayang Thengul yang diperagakan oleh manusia. Penciptaan tarian ini sekaligus sebagai wujud apresiasi dan melestarikan kesenian tradisi Kampung Thengul. 

Tari Thengul ini memiliki cerita di dalamnya pada setiap gerakannya, komuknya, dan kostum yang digunakannya. Tarian ini menggambarkan kisah-kisah dari kehidupan masyarakat Kampung Thengul, Bojonegoro, serta nilai-nilai kepercayaan yang mereka junjung tinggi untuk menghadirkan keindahan dan kekayaan yang dilestarikan dan dihargai pada masyarakat Bojonegoro.

Tarian ini menggunakan musik dengan nada gebukan bernada naik turun, penari ini mengekspresikan wayah yang ditampilkan dengan komuk tertawa, mencibir, hingga melotot, sehingga menambah kesan humor pada tariannnya. Oleh karna itu, Tari Thengul cenderung berkarakter komedi. Biasanya Tari Thengul ini dipentaskan jika ada rangkaian upacara, khitanan, pernikahan, dan menyambut tamu penting di lingkungan Kampung Thengul dan Kabupaten Bojonegoro.

Di era ini minimnya juga minat anak-anak sekitar untuk berpartisipasi melestarikan tarian ini karna era modern ini anak-anak sekitar sudah dipenuhi dengan hiburan digital maka dari itu Tari Thengul ini sering kali diabaikan. Jadi tidak banyak anak-anak yang berminat akan kesenian budaya pada daerah Bojonegoro tersebut.

Kami mahasiswa UPN Vetereran Jawa Timur berkesempatan untuk bertemu langsung kepada ibu – ibu yang berkontribusi dalam sanggar tari thengul ini untuk mencari tau dan mempelajari terkait Tari Thengul ini. Pelatih menjelaskan bahwa tari thengul ini yang meyiptakan adalah beliau sendiri dari gerakan dan instrumen musik nya. Tidak hanya mencari tahu tentang apa itu Tari Thengul tapi kami mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur juga berkesempatan untuk mencoba tarian ini dengan anak-anak penari. Tari thengul ini dibentuk dengan harapan agar tari thengul lebih dikenal masyarakat dari luar daerah dan juga sebagai wadah perkenalan kepada masyarakat desa.

Potensi pengembangan pariwisata terhadap Tari Thengul dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang budaya dan warisan tradisional kampung Thengul, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian budaya dan warisan tradisional Kampung Thengul.


https://www.upnjatim.ac.id

https://lppm.upnjatim.ac.id

https://pariwisata.upnjatim.ac.id

https://ppmb.upnjatim.ac.id/fakultas/fisip/









Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KESENIAN TARI THENGUL YANG MEMPERKAYA BUDAYA DI BOJONEGORO

Trending Now