Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Ibadah Roudhoh Kloter 26 Tuntas

Admin JSN
25 Mei 2024 | 01.56 WIB Last Updated 2024-05-24T18:56:52Z


MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Salah satu tempat yang menjadi favorit kaum Muslim saat ibadah dan ziarah ke Madinah, utamanya di masjid Nabawi adalah Roudhoh. Roudhoh adalah satu tempat antara rumah Rosulullah dengan Mimbar masjid. Tempat ini menjadi tujuan utama karena ada fadhilah (keutamaan) yang besar di dalamnya. Dalam sebuah Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan :

“Antara rumahku dan mimbarku adalah salah satu taman surga.” (HR. Bukhari 1195 & Muslim 3434)

Hadits ini menunjukkan kemuliaan Raudhah. Para ulama memiliki dua pendapat tentang makna taman surga : 

Pertama, tempat itu secara literal akan dipindahkan ke surga kelak. Kedua, Ibadah yang dilakukan di sana akan dilipatgandakan pahalanya dan bisa menjadi sebab masuk surga.

Dalam Hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad disebutkan :

"Shalat di Raudhah lebih utama dari pada shalat di tempat lain di masjid selain Maqam Ibrahim." (Shahih al-Musnad)

Hadits ini menunjukkan disunnahkannya untuk shalat dan beribadah di Raudhah. Disamping itu, beberapa ulama menyatakan bahwa berdoa di Roudhoh, doanya akan mudah dikabulkan oleh Alloh SWT. 

Imam Malik meriwayatkan hadits Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa Raudhah merupakan salah satu dari tiga taman surga di bumi. Hadits ini menjadi dasar bagi pendapatnya bahwa doa di Raudhah lebih mudah dikabulkan. ([Hadith Sahih Bukhari, No. 1277])

Imam Syafi'i sependapat dengan Imam Malik bahwa Raudhah merupakan tempat mustajab. Ia berpendapat bahwa doa di Raudhah lebih mudah dikabulkan karena tempat tersebut merupakan tempat yang mulia dan penuh berkah.

Imam Ahmad bin Hanbal juga meriwayatkan hadits tentang Raudhah dan menyatakan bahwa doa di sana lebih mudah dikabulkan.

Kamis, 23 Mei 2024, semua Jama'ah Haji Kloter 26 Kab Malang telah selesai melaksanakan ibadah di Roudhoh. Jama'ah Putri melaksanakannya Kamis pagi setelah jama'ah Shubuh. Sementara jama'ah putra telah melaksanakan lebih dulu, tepatnya hari Rabu, 22 Mei sebelumnya. 

Jama'ah putra mulai persiapan jam 14.00. Karena begitu banyaknya jama'ah dari kloter lain yang juga mengantri, jama'ah putra baru selesai dari Roudhoh jam 5 sore. Sedangkan untuk jama'ah putri, sekitar jam 6 pagi kegiatan telah selesai. 

Menurut H. Suib, ketua Kloter 26, pelaksanaan ibadah ke Roudhoh berjalan sukses walaupun jama'ah harus melewati pemeriksaan ketat dan lama antri serta kondisi suhu panas karena masih siang. Namun jama'ah merasa senang dan syukur bahwa telah mendapatkan kesempatan ibadah dan berdoa di Roudhoh.

"Alhamdulillah, menurut saya pelaksanaan ibadah di Roudhoh berjalan lancar, baik jama'ah laki-laki maupun perempuan", ungkap Abah Suib yang merupakan Kepala Seksi Pendma ini. 

Beliau berharap kegiatan selanjutnya juga bisa berjalan lancar dan sukses. Kini jama'ah masih fokus untuk menyelesaikan program Arbain. 


π™ΏπšŽπš πšŠπš›πšπšŠ: πšπšŽπšπšŠπš— π™Ώπšžπš›πš‹πšŠ | π™΄πšπš’πšπš˜πš›: π™΅πšŠπšŒπš‘πš›πš’
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ibadah Roudhoh Kloter 26 Tuntas

Trending Now