Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Suksesnya Penyuluhan Kebersihan Gigi dan Mulut di KB Nirwana, Desa Boro olehMahasiswa UMM

Admin JSN
19 Februari 2024 | 17.24 WIB Last Updated 2024-02-28T21:33:52Z

 

Suksesnya Penyuluhan Kebersihan Gigi dan Mulut di KB Nirwana, Desa Boro oleh Mahasiswa UMM

BLITAR | JATIMSATUNEWS.COM: Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang  dari program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) memberikan kontribusi positif dalam kegiatan penyuluhankebersihan gigi dan mulut di KB Nirwana, Desa Boro, Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar,Provinsi Jawa Timur. 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untukmengaplikasikan Hilirisasi hasil PenelitianUniversitas Muhammadiyah Malang .Kegiatan dimulai dengan semangat tinggi melalui senam bersama yang melibatkan mahasiswaPMM UMM dan adik-adik KB Nirwana. 

Keakraban dan keceriaan menjadi kunci dalammenciptakan atmosfer yang mendukung pembelajaran yang efektif. Sesi perkenalan antaramahasiswa, guru, dan anak-anak KB Nirwana menciptakan ikatan emosional yang positif.Mahasiswa PMM UMM tidak hanya membawa pengetahuan tentang kebersihan gigi dan muluttetapi juga semangat untuk berbagi dan membantu masyarakat.

Speaker yang dimiliki oleh KB Nirwana menjadi alat pengiring yang menggembirakan,memainkan lagu-lagu yang berhubungan dengan tema kebersihan gigi dan mulut. Pesan-pesanpenting disampaikan secara kreatif melalui musik, menjadikan pembelajaran lebihmenyenangkan. Puncak kegiatan adalah praktek langsung cara menyikat gigi yang benar.Koordinasi antara mahasiswa dan pihak sekolah memastikan setiap anak membawaperlengkapan sikat gigi, pasta gigi, dan gelas kumur. 

Mahasiswa PMM UMM memberikanbimbingan dengan penuh semangat, fokus pada teknik menyikat gigi, dan menekankanpentingnya kehati-hatian saat berkumur.Setelah praktik, mahasiswa bersama anak-anak membentuk lingkaran besar sambil bergandengantangan dan menyanyikan lagu-lagu bersama. Setelah berkeringat, istirahat pun tiba, dananak-anak menikmati bekal yang telah dibawa oleh wali murid.Kegiatan ditutup dengan berdoa bersama sebelum pembagian paket sikat gigi lengkap besertamainannya kepada adik-adik. 

Sebelum pulang, momen berharga diabadikan dalam foto bersama.Meskipun adik-adik pulang, mahasiswa PMM UMM dan para guru melanjutkan diskusievaluasi, membahas stimulasi anak, anak istimewa, hasil tes perkembangan kognitif, dankesuksesan kegiatan tersebut.

KB Nirwana mengapresiasi kontribusi berharga dari mahasiswa PMM UMM dalam  meningkatkan kesadaran anak-anak terhadap kebersihan gigi dan mulut sejak dini. Kegiatan inimemberikan contoh bagaimana pendidikan tinggi dapat berperan aktif dalam pengembangan masyarakat melalui program pengabdian masyarakat yang berarti dan berdampak positif.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Suksesnya Penyuluhan Kebersihan Gigi dan Mulut di KB Nirwana, Desa Boro olehMahasiswa UMM

Trending Now