Resmi Dilantik, Simak Kewenangan dan Larangan Penjabat Bupati

Admin JSN
31 Januari 2024 | 15.42 WIB Last Updated 2024-02-02T12:34:22Z
Caption: Pj Bupati Sampang dan Pj Walikota Probolinggo saat pelantikan di Gedung Grahadi Surabaya, Selasa 30/01/24.

SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM
: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melantik 2 pejabat di Jatim yakni Nurkholis sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Probolinggo dan Rudi Arifiyanto sebagai Pj Bupati Sampang di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (30/1/2024) malam.

Nurkholis saat ini menjabat Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim. Sedangkan, Rudi adalah Sekretaris Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Nurkholis resmi dilantik sebagai Pj Wali Kota Probolinggo berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.2.1.3 76 Tahun 2024 tanggal 7 Januari 2024 Tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Probolinggo Provinsi Jawa Timur menggantikan Hadi Zainal Abidin yang purna tugas per tanggal 30 Januari 2024.

Sedangkan pelantikan Rudi Arifiyanto sebagai Pj Bupati Sampang berdasarkan SK Mendagri Nomor 100.2.1.3/0501/OTDA tertanggal 7 Januari 2024, Rudi Arifiyanto ditunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Penjabat (Pj) Bupati Sampang menggantikan Slamet Junaidi yang purna tugas per tanggal 30 Januari 2024.

Dalam menjalankan tugasnya, Penjabat (Pj) Bupati Sampang Rudi Afriyanto memiliki tugas dan wewenang sama dengan kepala daerah definitif, termasuk dalam hal fasilitas.

Bahkan Pj Bupati bisa melakukan pengisian pejabat hingga memutasi pegawai asalkan mengantongi izin dari Kemendagri.

Hal itu disampaikan Plt. Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jatim, Pulung Chausar, S.STP., M.Si saat membacakan SK pengangkatan Penjabat bupati/wali kota di Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Pulung Chausar menyampaikan Pj bupati/wali kota memiliki hak dan wewenang sama dengan kepala daerah definitif saat menjabat.

Diantaranya, memiliki hak keuangan dan protokoler yang setara kepala daerah defnitif sesuai ketentuan perundang-undangan.

Juga mempunyai tugas kewenangan, kewajiban dan larangan yang sama dengan kepala definitif.

Dalam melakukan tugas dan wewenang Pj bupati/wali kota dilarang melakukan pengisian pejabat dan mutasi pegawai.
π™½πšŠπš–πšžπš— πš•πšŠπš›πšŠπš—πšπšŠπš— πš’πšπšž, πšπšŠπš™πšŠπš πšπš’πš”πšŽπšŒπšžπšŠπš•πš’πš”πšŠπš— πšœπšŽπšπšŽπš•πšŠπš‘ πš–πšŽπš—πšπšŠπš™πšŠπš πš™πšŽπš›πšœπšŽπšπšžπš“πšžπšŠπš— πšπšŽπš›πšπšžπš•πš’πšœ πšπšŠπš›πš’ π™ΊπšŽπš–πšŽπš—πšπšŠπšπš›πš’,” terangnya.

Selain itu, Pj. bupati/wali kota dilarang membatalkan perizinan yang dikeluarkan pejabat sebelum dan atau mengeluarkan perizinan yang berbeda dengan yang dikeluarkan pejabat sebelumnya.

Selain itu, Pj. bupati/wali kota dilarang membuat kebijakan pemekaran daerah serta membuat kebijakan yang berbeda dengan program-progam pejabat sebelumnya.

Dalam memasukui tahun politik, Pj bupati/wali kota juga diminta memfasilitasi persiapan Pemilu 2024 dan Pilkada 2024 serta menjaga netralitas ASN. 
"π™³πšŠπš•πšŠπš– πš–πšŽπš—πš“πšŠπš•πšŠπš—πš”πšŠπš— 𝚝𝚞𝚐𝚊𝚜 π™Ώπš“ πš‹πšžπš™πšŠπšπš’/πš πšŠπš•πš’ πš”πš˜πšπšŠ πš‘πšŠπš›πšžπšœ πš–πšŽπš—πš’πšŠπš–πš™πšŠπš’πš”πšŠπš— πš•πšŠπš™πš˜πš›πšŠπš— π™ΊπšŽπš–πšŽπš—πšπšŠπšπš›πš’ πš–πšŽπš•πšŠπš•πšžπš’ πšπšžπš‹πšŽπš›πš—πšžπš› πš™πšŠπš•πš’πš—πš πšœπšŽπšπš’πš”πš’πš 3 πš‹πšžπš•πšŠπš— πšœπšŽπš”πšŠπš•πš’,’’ sampainya. 

Pada kesempatannya Gubernur Khofifah memberikan pesan khusus terkait keberlanjutan pembangunan. Pembangunan yang sudah baik di Kota Probolinggo diharapkan bisa dilanjutkan dan ditingkatkan.

Sedangkan untuk Pj Bupati Sampang, Khofifah berpesan supaya sesegera mungkin meneruskan program kerja kepala daerah sebelumnya. 
π™ΏπšŠπš” π™Ώπš“ π™±πšžπš™πšŠπšπš’ πš‚πšŠπš–πš™πšŠπš—πš, π™Ώπš πš‹πšŠπš™πšŠπš” πš–πšŠπšœπš’πš‘ πš‹πšŠπš—πš’πšŠπš” πš’πšŠπš—πš πš™πšŽπš›πš•πšž πšπš’πšœπšŽπš•πšŽπšœπšŠπš’πš”πšŠπš—, πš–πšžπšπšŠπš‘-πš–πšžπšπšŠπš‘πšŠπš— πšœπšŽπšπšŽπš›πšŠ πš‹πšŽπš›πšŠπšπšŠπš™πšπšŠπšœπš’ π™ΏπšŠπš” πšπšžπšπš’, πšπšŠπš— πšœπšŽπš•πšŠπš–πšŠπš πš–πšŽπš—πš“πšŠπš•πšŠπš—πš”πšŠπš— 𝚝𝚞𝚐𝚊𝚜,” kata Khofifah.

Menurutnya, perlu akselerasi program kerja dan sinergi berbagai institusi selama menjalankan tugas di Kabupaten Sampang. Hal ini penting agar percepatan penurunan stunting terus dijalankan. 
π™ΏπšŽπš›πš•πšž πš’πš—πš˜πšŸπšŠπšœπš’ πš’πšŠπš—πš πš‹πš’πšœπšŠ πš–πšŽπš–πš‹πšŽπš›πš’πš”πšŠπš— πš™πšŽπš›πšŒπšŽπš™πšŠπšπšŠπš— πšœπšŽπš™πšŽπš›πšπš’ πšœπšžπš”πšœπšŽπšœπš—πš’πšŠ πš‚πšŠπš–πš™πšŠπš—πš πš–πšŽπš—πšžπš›πšžπš—πš”πšŠπš— πšœπšπšžπš—πšπš’πš—πš, πš™πšŽπš—πš’πš—πšπš”πšŠπšπšŠπš— 𝙸𝙿𝙼 πš’πšŠπš—πš πšœπš’πšπš—πš’πšπš’πš”πšŠπš—,” ujarnya.


Pewarta : Fach


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Resmi Dilantik, Simak Kewenangan dan Larangan Penjabat Bupati

Trending Now