Upayakan RDS Sebagai Central Pelayanan, Desa Panyirangan Adakan Pelatihan

Admin JSN
18 Desember 2023 | 17.51 WIB Last Updated 2023-12-22T23:49:52Z


 

SAMPANG | JATIMSATUNEWS.COM: Rumah Desa Sehat (RDS) adalah sekretariat bersama bagi para pegiat pemerdayaan masyarakat dan pelaku pembangunan desa di bidang kesehatan, yang berfungsi sebagai ruang literasi kesehatan, pusat penyebaran informasi kesehatan dan forum advokasi kebijakan di bidang kesehatan.


RDS sebagai Sekretariat bersama pegiat pemberdayaan masyarakat desa dan pelaku pembangunan desa. Yang dimaksud dengan pegiat pemberdayaan masyarakat dan pelaku pembangunan desa adalah Kader Posyandu, Guru PAUD, Kader Kesehatan, Unit Layanan Kesehatan, Unit Layanan Pendidikan, Kader PKK, Karang Taruna tokoh masyarakat, dan berbagai kelompok masyarakat yang peduli dalam upaya pencegahan stunting. 


RDS dimaksudkan untuk membantu pemerintah Desa dalam pengelolaan sumber daya manusia utamanya di bidang kesehatan. Adapun tujuan umum dari RDS adalah meningkatkan peran RDS untuk mewujudkan konvergensi layanan kesehatan di desa, utamanya konvergensi pencegahan stunting di Desa. Sedangkan tujuan khsus dari RDS adalah mencegah stunting, mendayagunakan RDS sebagai sekretariat bersama bagi para pagiat pemberdayaan masyarakat dan pelaku pembangunan di Desa Khususnya yang bergerak dibidang Kesehatan untuk mempercepat konvergensi pencegahan stunting, medayagunakan RDS sebagai pusat pembelajaran masyarakat untuk mengadvokasi kebijakan pembangunan Desa di Bidang kesehatan, dan mendayagunakan RDS sebagai wahana pembentukan dan pengembangan kader pembangunan manusia (KPM).


Bertempat di Desa Panyirangan, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang, Pelatihan Kader RDS ( Rumah Desa Sehat) pada hari pertama (I) yang menghadirkan Tenaga Ahli, Pendamping Desa (PD) Pendamping Lokal Desa (PLD), Pemberi Materi dan Kader RDS di Desa Panyirangan serta dari Puskesmas Pangarengan. Senin, 18/12/2023.



Acara dibuka oleh Bapak Pj Desa Panyirangan Abdul Goffar dengan mengucapkan semangat dan terimakasih kepada semuanya yang telah mengikuti acara tersebut, serta pada pemateri yang bakal diisi oleh Tenaga Ahli dari Pendamping Kabupaten.


"Kegiatan -Kegiatan Rumah Desa Sehat adalah Pusat pembelajaran Masyarakat, Literasi Kesehatan, Penyebaran Informasi Kesehatan, Promosi Kesehatan,"


"Pedoman Teknis Rumah Desa Sehat ini disusun untuk dijadikan acuan lagi Pemerintah Desa, BPD, dan Masyarakat Desa dalam berupaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Desa yang difokuskan pada upaya promotif dan preventif bidang kesehatan," tuturnya. Fach

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Upayakan RDS Sebagai Central Pelayanan, Desa Panyirangan Adakan Pelatihan

Trending Now