Sosis Ayam Dengan Penambahan Jantung Pisang Sebagai Ciri Khas Desa Kalipucang

Admin JSN
30 November 2023 | 16.40 WIB Last Updated 2023-11-30T09:40:26Z


Sosis Ayam Dengan Penambahan Jantung Pisang Sebagai Ciri Khas Desa Kalipucang

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Sosis merupakan olahan daging ayam atau sapi yang bisa ditemukan di supermarket, toko kelontong, dan pasar. Sosis disukai dari segala usia dari anak kecil hingga orang dewasa menyukai sosis. Terutama pada anak kecil, mereka suka memakan sosis baik dengan nasi ataupun dimakan secara langsung. Namun, sosis dengan rasa daging ayam atau sapi saja terasa membosankan. Untuk menambahkan ciri khas dari desa Kalipucang yang terkenal kaya akan komoditas. Kami menambahkan jantung pisang pada olahan sosis ayam. Jantung pisang juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. 

Mahasiswa KKN Kelompok 6 Bina Desa 2023 UPN “Veteran” Jatim Program Studi Teknik Kimia yaitu M. Nabil Zhillan Abdillah, Salma Putri Aisyah Asma, Angeli Astrivia, Novita Indahyani, Erika Indri Rismala, Aditya Yoga, dan Rizky Adrian Reswara yang dibimbing oleh Ibu Ir. Sani, M.T selaku Dosen Pembimbing Lapang, pembuatan sosis ayam dengan penambahan jantung pisang.

Jantung pisang jika dimasak tanpa proses khusus akan memiliki rasa sepat yang tidak enak. Namun, kami melakukan dengan proses khusus dan dicampurkan ke dalam adonan sosis sehingga rasa jantung pisangnya tidak terlalu mencolok bahkan hampir seperti rasa sosis ayam biasanya. Kami memetik jantung pisang di lahan Pak Joko, seorang warga desa Kalipucang, yang memiliki kebun pisang di belakang rumahnya. Jantung pisang yang telah dipetik kemudian dikupas hingga warna merah keunguannya cukup menghilang dan dipotong kecil – kecil, lalu dicacah. Cacahan jantung pisang itu dicuci dengan air garam untuk menghilangkan getahnya. Setelah itu, rebus cacahan jantung pisang sampai lembut dan ditiriskan.

 Jantung pisang kemudian dimasukkan ke blender bersama dengan ayam dan bumbu – bumbunya. Dituangkan juga susu segar hasil perah sapi Bu Eko yang telah dimasak ke dalam blender. Semua bahan dihaluskan dan dimasukkan ke dalam plastik sosis kecil – kecil yang kemudian direbus sampai matang. Setelah matang, sosis dapat langsung digoreng atau jika ingin disimpan lebih lama sosis dapat dimasukkan ke dalam Freezer.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosis Ayam Dengan Penambahan Jantung Pisang Sebagai Ciri Khas Desa Kalipucang

Trending Now