Memperingati Hari Pengelihatan Sedunia, BEM ARO Surabaya lakukan pemeriksaan mata pada Anak SD dan bagikan Ratusan Kacamata

Admin JSN
30 November 2023 | 09.05 WIB Last Updated 2023-11-30T02:05:35Z


SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM: BEM AROS, Badan Eksekutif Mahasiswa Akademi Refraksi Optisi Surabaya, menyelenggarakan aksi bakti sosial yang luar biasa! Ratusan kacamata disalurkan untuk para pelajar SD dalam rangka memperingati Hari Pengelihatan Sedunia. Ajang berharga ini dilaksanakan di SDN GADING I (11-13/10/2023) dan SDN PACAR KEMBANG (17-20/10/2023) dengan tema 'Love Your Eyes for a Better Future.'
Dalam inisiatifnya, BEM AROS tidak hanya memberikan kacamata kepada para siswa, tetapi juga menyajikan pengajaran penting tentang perawatan mata. Suatu momen penuh makna di Hari Penglihatan Sedunia, di mana lebih dari sekadar bantuan fisik, tetapi juga memberikan pengetahuan berharga kepada anak-anak.
Kegiatan ini juga dilakukan secara kolaborasi atau ‘Featuring’ dengan HIMA Optometri STIKES Dharma Husada Bandung yang sebelumnya BEM AROS telah melakukan lawatan study banding ke sana.

Habibatul Ula Putri Nabila,atau yang kerap disapa Nabila, sebagai ketua pelaksana, merasa kehadiran acara ini bukan hanya sebatas distribusi kacamata. Tujuannya jauh lebih besar—meningkatkan kesadaran anak-anak tentang pentingnya kesehatan mata. Mereka diberikan pengetahuan praktis mulai dari cara menggunakan perangkat elektronik hingga pentingnya kacamata safety di luar ruangan. “Ada sejuta harapan di balik tajamnya pengelihatan anak anak”-pungkasnya.
Dengan total 276 data visus di SDN Gading I dan 353 di SDN Pacar Kembang, BEM AROS berhasil mendistribusikan 132 kacamata dengan sukses. Diantry Putri Chaesar,ketua BEM, menyatakan rasa bangga terhadap keberanian BEM AROS yang baru pertama kali menggelar acara sebesar ini. Antusiasme dari tingkat Tingkat 1 hingga 3 juga menciptakan keberhasilan tersendiri. Katanya “meski adik adik tingkat 1 yang sekarang masih semester 1 dan baru saja selesai Masa Orientasi, tapi rasa semangatnya dalam mengeruk pengalaman dalam kegiatan ini perlu di acungi jempol”

Melalui laporan dari Ika Dewi, Koordinator Urusan Umum SDN Gading 1, terpancar dampak positif kegiatan ini terhadap siswa yang mungkin memiliki masalah penglihatan yang tidak disadari oleh orang tua mereka. Ika Dewi berterima kasih kepada mahasiswa ARO Surabaya yang tidak hanya memberikan kacamata tetapi juga memberikan bantuan nyata dalam mengatasi masalah penglihatan anak-anak. “Kita juga berterimakasih kepada adik adik mahasiswa ARO Surabaya yang telah hadir jauh jauh untuk melakukan pengabdian dan memilih Sekolah kita untuk menjadi tempatnya”

Dian Novita Anggraeny, Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, menegaskan bahwa kegiatan ini mencerminkan kepedulian institusi terhadap permasalahan penglihatan siswa SD. Katanya, “meskipun terlihat sederhana, kegiatan ini merupakan langkah awal yang signifikan dalam menanggulangi masalah penglihatan di kalangan anak-anak.”
“Saya sangat bangga dengan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa terutama di sela2 kesibukan berkuliah, sejumlah mahasiswa sangat bersemangat melakukan pelayanan kepada adik2 di SD. Saya berharap kerjasama yang dilakukan dengan IROPIN, Hima Optometri Dharma Husada Bandung dan BEM STIKES Dharma Husada Bandung dapat berlanjut di kegiatan-kegiatan bakti social selanjutnya.
Keterlibatan melani masyarakat merupakan kegiatan yang seru. Jadi, mahasiswa bisa merasakan sendiri bagaimana membangun interaksi sosial yang nyata. Mahasiswa tidak hanya memahami interaksi lewat media sosial, Banyak softskills yang bisa diasah dari terlibat di baksos yang penting untuk kehidupan usai lulus kuliah.” Pungkas Vita saat di wawancarai pada (21/10/2023)
 

Dalam pandangan Taufiq Hidayat, Kepala Sekolah SDN PACAR KEMBANG, ucapan terima kasih dilontarkan kepada mahasiswa AROS atas kontribusinya dalam mengatasi hambatan penglihatan anak-anak. Dengan harapan bahwa edukasi tentang menjaga mata ini akan membekas dan meningkatkan kualitas penglihatan siswa di masa depan. Suatu bentuk apresiasi yang sangat dihargai. Beliau berpesan, agar jika terdapat kegiatan yang bersifat sosial dan kesehatan seperti ini, SDN Pacar Kembang siap membuka pintu gerbang lebar lebar untuk turut andil membantu juga. “Meski jarak dari kampusnya lumayan jauh, maka kami mengucapkan banyak terimakasih untuk kontribusinya” ucap beliau pada saat closing ceremony pasca kegiatan bhakti sosial yang di adakan di ruang guru SDN Pacar Kembang pada (20/10/2023)

Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian kacamata yang dilakukan pada Selasa (28/11/2023) dan akan terus dilakukan pengamatan terkait perkembangan setelah pemberian kacamata tersebut.

Laporan: Mutiara F. An Nawawi
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Memperingati Hari Pengelihatan Sedunia, BEM ARO Surabaya lakukan pemeriksaan mata pada Anak SD dan bagikan Ratusan Kacamata

Trending Now