Mahasiswa Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur Kelompok 3 Manfaatkan Bubuk Kopi Untuk Minyak Aromaterpi di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang

Admin JSN
07 November 2023 | 16.13 WIB Last Updated 2023-11-07T09:13:42Z

 


Mahasiswa Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur Kelompok 3 Manfaatkan Bubuk Kopi Untuk Minyak Aromaterpi di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Mahasiswa Bina Desa Kelompok 3 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur periode 4 September – 4 Oktober 2023 yang terdiri dari Achyar Abdullah, Dewi Puspita S., Yasmine Nur R., Yemima Natalia Eka K.P., Siska Fitriani, Salsa Bilah Naris D.P., Rifqy Zamzami, dan Adli Putra Anjuda membuat program kerja dengan tema ”Pembuatan Minyak Aromaterapi dari Bubuk Kopi Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang”. 


Tanaman Kopi merupakan salah satu Potensi yang ada di Desa Galengdowo. Biji kopinya diolah menjadi kopi bubuk yang merupakan salah satu produk yang diproduksi dan dihasilkan langsung oleh masyarakat Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. 

Saat ini, masih sedikit yang mengubah kopi menjadi produk non-makanan, meskipun banyak orang yang menikmati aroma kopi, ada yang tidak bisa mengonsumsi kopi. Di Desa Galengdowo masih hanya memanfaatkan kopi sebagai minuman saja yang belum optimalkan pemanfaatan produk tersebut, maka dari itu muncul ide dan inovasi untuk mengolah kopi menjadi produk non pangan yaitu roll Aromaterapi Kopi (Aromatherapy Roll of Coffee). Roll Aromaterapi Kopi dapat menjadi alternative bagi pecinta aroma kopi yang mana mempunyai banyak manfaat seperti Pereda Stress karena kandungan Chlorogenic dan Kafein-nya yang membantu membuat rileks.

“Kelompok 3 Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur 2023 di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang mengadakan Sosialisasi kepada masyarakat untuk memperkenalkan produk-produk buatan mahasiswa Tim Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur. Salah satu produknya yaitu Roll Aromaterapi Kopi yang merupakan bagian dari Program Kerja Monodisiplin saya” ungkap Yasmine Nur R mahasiswi Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur anggota kelompok 3.

Dewi Puspita S yang juga merupakan anggota kelompok 3 mengatakan untuk proses pembuatannya yaitu melarutkan bubuk kopi sebanyak 300 gram kedalam 1 liter alkohol 98%. Kemudian larutan kopi tersebut disaring menggunakan saringan yang selanjutnya dipanaskan untuk menghilangkan alkohol dan mendapatkan minyak dari bubuk kopi. Setelah itu, minyak hasil distilasi dicampurkan dengan cairan mint kemudian dikemas kedalam botol parfume roll berukuran 10 ml. Selain itu juga melaksanakan sosialisasi mengenai minyak aromaterapi dari bubuk kopi yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur Kelompok 3 Manfaatkan Bubuk Kopi Untuk Minyak Aromaterpi di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang

Trending Now