Mahasiswa Bina Desa Teknik Kimia UPN Veteran Jawa Timur Memanfaatkan Minyak Jelantah Sebagai Bahan Sabun Cuci Piring di Desa Kalipucang, Pasuruan.

Admin JSN
24 November 2023 | 13.58 WIB Last Updated 2023-11-24T06:58:16Z

Mahasiswa Bina Desa Teknik Kimia UPN Veteran Jawa Timur Memanfaatkan Minyak Jelantah Sebagai Bahan Sabun Cuci Piring di Desa Kalipucang, Pasuruan.

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Minyak jelantah seringkali dibuang karena sudah tidak digunakan lagi. Hal itu tentunya akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan juga lingkungan, karena limbah minyak jelantah dapat mencemari lingkungan. Sadar akan hal tersebut, Mahasiswa Bina Desa Teknik Kimia UPN Veteran Jawa Timur mengolah minyak jelantah menjadi sabun cuci piring.


Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama, karena adanya proses pemurnian minyak jelantah menggunakan arang terlebih dahulu. Proses pemurnian ini selama 3 hari untuk mendapatkan hasil minyak yang jernih. Untuk mendapatkan arang yang bagus maka diaktivasi menggunakan KOH yang telah di larutkan.

   

Instagram : @binadesa_kalipucang04​ 

Proses selanjutnya, menyaring minyak yang telah jernih dengan kertas saring dan mencampurkan dengan larutan KOH. Aduk sampai memadat dan campurkan dengan air sebanyak 3 kali lipat berat padatan. Kemudian adonan di diamkan selama 3 hari sampai busa menghilang dan pH nya mencapai angka 10. Agar sabun menghasilkan busa yang banyak dan berbau wangi maka di tambahkan foambooster dan minyak atsiri.  

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Bina Desa Teknik Kimia UPN Veteran Jawa Timur Memanfaatkan Minyak Jelantah Sebagai Bahan Sabun Cuci Piring di Desa Kalipucang, Pasuruan.

Trending Now