Inovasi Pangan Stik Daun Kopi Dari Komoditas Lokal Desa Kalipucang

Admin JSN
24 November 2023 | 14.06 WIB Last Updated 2023-11-24T07:06:24Z
 Inovasi Pangan Stik Daun Kopi Dari Komoditas Lokal Desa Kalipucang

Sumber : Dokumentasi 2023 JSN.COM


ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Desa Kalipucang merupakan suatu desa yang terletak di lereng Gunung Bromo dan termasuk ke dalam Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Desa Kalipucang memiliki banyak komoditas andalan yang menjadi mata pencaharian masyarakat setempat. Komoditas andalan Desa Kalipucang salah satunya yaitu tanaman / pohon kopi. Tanaman kopi yang di tanam sebagian besar hanya memanfaatkan buah kopi yang diolah menjadi bubuk kopi sebagai produk akhirnya. 

Bagian tanaman seperti daun masih belum banyak dimanfaatkan menjadi suatu olahan pangan oleh warga setempat. Banyaknya daun yang akan terbuang ketika masa panen berakhir mendorong untuk mengubah suatu limbah menjadi produk yang dapat memberikan nilai ekonomis dan juga dapat membuka suatu usaha bagi masyarakat setempat. Usaha untuk meningkatkan nilai ekonomis dari limbah daun kopi tersebut adalah dengan menjadikannya suatu produk. Salah satunya yaitu membuat suatu inovasi pangan ‘Stik Daun Kopi’. 

Daun kopi mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, alkaloid, kafein, saponin dan polifenol. Asam fenolik yang terkandung dalam daun kopi merupakan senyawa antioksidan yang dapat berfungsi untuk menghilangkan radikal yang dapat menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh.

Inovasi pangan ‘Stik Daun Kopi’ ini adalah salah satu program kerja dari kelompok 5 Bina Desa Teknik Kimia 2023 UPN ‘Veteran’ Jawa Timur yang beranggotakan Fioni Ashari Putri, Adinda Putri Cahyani, Andini Primastiyaningayu, Layyinatul Af’ida, Aurela Naura Aisyah, Adibi Siraj, dan Arya Mada Wiratama yang dibimbing oleh Ibu Ir. Sani, MT selaku Dosen Pembimbing Lapang.

"Inovasi Stik Daun Kopi ini dapat dijadikan sebagai upaya pengolahan limbah daun kopi, dapat menjadi produk UMKM yang dapat menambah pendapatan atau juga dapat menjadi teman makan yang memilki banyak manfaat, "tutur Adinda

Dalam kegiatan inovasi produk pangan ‘Stik Daun Kopi’ , para mahasiswa Bina Desa Teknik Kimia 2023 UPN ‘Veteran’ Jawa Timur mengajak Masyarakat Desa Kalipucang untuk memanfaatkan limbah dari tanaman kopi untuk dijadikan sebagai diversifikasi produk pangan ‘Stik Daun Kopi’ yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan ringan yang kaya manfaat. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inovasi Pangan Stik Daun Kopi Dari Komoditas Lokal Desa Kalipucang

Trending Now