BERJELAJAH PETA DI KEBUN RAYA PURWODADI BERSAMA SISWA-SISWI SMP SABILILLAH MALANG

Admin JSN
04 November 2023 | 14.27 WIB Last Updated 2023-11-04T07:33:29Z
BERJELAJAH PETA DI KEBUN RAYA PURWODADI BERSAMA SISWA-SISWI SMP SABILILLAH MALANG 

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Belajar luar ruangan sudah menjadi pembelajaran wajib di kurikulum merdeka. Karena anak didik dituntut harus memahami tidak hanya secara teori saja. Namun memahami dengan nyata apa yang dipelajari. 

 Seperti SMP Sabilillah Malang ini, belajar mengenal beragam tumbuhan di Kebun Raya Purwodadi. Konsep kali ini sedikit berbeda. Karena siswa-siswi harus mencari koleksi yang ditentukan oleh dewan guru melalui peta. Peta seluruh area kebun sudah disiapkan oleh Kebun Raya Purwodadi yang dapat dimiliki juga oleh setiap pengunjung. Di peta tersebut juga sekaligus keterangan nama-nama koleksi tumbuhan maupun berbagai taman. 

Seperti Alfi rizkia ayu pramesti salah satu siswi SMP Sabilillah kelas 8 menyampaikan “baru kali ini saya ke Kebun Raya Purwodadi, sehingga saat diberi tugas mencari salah satu taman yang ditugaskan untuk kelompok, kami pun harus berjuang mencari menggunakan peta.”

 Berjumlah 150 siswa kelas 8, dibagi menjadi 4 kelompok. Yang masing-masing kelompok mencari 4 lokasi taman yaitu taman akuatik, taman obat, taman palm, maupun taman meksiko. Keempat taman ini saling berdekatan dari pintu masuk kebun maupun dari arah rumah kaca dan menara pandang. Dengan antusias, mereka menyebar sesuai tugas kelompoknya masing-masing dan tentunya mereka harus menjawab misteri soal yang diberikan. 

Yaitu seputar koleksi-koleksi tanaman Kebun Raya Purwodadi yang mereka harus ketahui. 

“Tugas guru, khususnya SMP memang tidak hanya mengajarkan ilmu secara teoritik, tetapi juga harus memberikan banyak pengalaman. Seperti agenda hari ini di Kebun Raya Purwodadi “ imbuh salah satu guru SMP Sabilillah – Bapak Ihsan.

 Berharap Kebun Raya Purwodadi selalu menjadi pilihan tidak hanya dari SMP Sabilillah Malang saja, tetapi sekolah-sekolah mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Beragam aktifitas dapat dilakukan disini yaitu wisata rekreasi, wisata sehat, maupun edukasi. Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BERJELAJAH PETA DI KEBUN RAYA PURWODADI BERSAMA SISWA-SISWI SMP SABILILLAH MALANG

Trending Now