Positive Character CAMP/PCC Wujud Nyata Upgrading Karakter Positif Peserta Didik

Admin JSN
17 Oktober 2023 | 18.43 WIB Last Updated 2023-10-17T12:02:38Z


ARTIKEL| JATIMSATUNEWS.COM: Menurut UU No.20 tahun 2003 Pasal 3, tujuan pendidikan nasional berbunyi "Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab." Saat ini tujuan pendidikan tersebut diwujudkan dalam sebuah kurikulum, yaitu Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler yang beragam. Di mana konten pembelajaran akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.
Penguatan kompetensi siswa tersebut tidak hanya dilakukan di kelas saja, tapi juga di luar kelas, tepatnya lingkungan nyata, yaitu lingkungan masyarakat. Sekolah berupaya agar siswa dapat mengimplementasikan kompetensi mereka di lingkungan masyarakat. Inilah esensi pendidikan sesungguhnya.

Implemntasi tersebut, selain untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan, yang terpenting adalah meningkatkan kompetensi sikap atau karakter.

Karakter yang diharapkan dalam kurikulum merdeka meliputi: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan global; Bergotong royong; Mandiri; Bernalar kritis; Kreatif. Sebagai Sekolah Penggerak, SMA Negeri 4, berkewajiban menanamkan dan meningkatkan keenam karakter karakter tersebut. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan sekolah adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Positive Character Camp. 

Positive Character Camp adalah upaya penanaman nilai nilai karakter positif pada diri siswa melalui kegiatan Stetsa Mengajar, Stetsa Berbagi, Stetsa Peduli Lingkungan, Stetsa Mengabdi, Stetsa Jelajah. Semoga upaya yang dilakukan sekolah tersebut dapat mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Kegiatan ini merupakan kegiatan annually atau kegiatan tahunan yang diselenggarakan di SMAN 4 Malang. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Karakter Positif yang di miliki oleh peserta didik. Mereka akan lebih peka dan peduli terhadap situasi yang terjadi dilingkungan dan mereka juga akan dapat survive atau bertahan dan tidak mudah rapuh dalam menghadapi berbagai macam masalah yang menimpa.

Kegiatan PCC ini dilaksanakan di dusun Selo Kandang dan Gunung Sari, desa Kertosari kabupaten Pasuruan. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 300 peserta didik kelas XI dan mereka dibagi menjadi 6 orang setiap kelompok dan tinggal selama 3 hari di rumah-rumah penduduk desa Kertosari. Selama tinggal di desa tersebut peserta didik mengikuti kebiasaan dari Inang atau orang tua asuh. Dari makanan yang dikonsumsi sampai aturan rumah tangga Inang. 

Kegiatan PCC meliputi materi tentang karakter positif oleh Kak Acun, salah satu lembaga Character Building “mata Hati”, peduli lingkungan yang didalamnya peserta didik diajak untuk membersihkan lingkungan desa Kertosari, peduli pendidikan yaitu peserta didik diajak untuk memberikan materi Kebudayaan kepada peserta didik jenjang SD, peduli sosial, yaitu peserta didik mengadakan Pasar Murah dengan menjual sembako dan baju layak pakai kepada penduduk desa Kertosari dengan harga yang sangat murah, peduli kesehatan, pada kegiatan ini peserta didik memberikan layanan kesehatan berupa cek tekanan darah dan gula darah gratis, dan terakhir adalah penjelajahan yang berfungsi adalah mengenal satu sama lain, menjaga kekompakan, dan mengenal lingkungan.

Vibe positif benar benar dirasakan oleh peserta didik kelas XI SMAN 4 malang pada kegiatan tersebut, mereka sangat antusias dalam mendapatkan pengalaman yang menjadi kekuatan positif dalam hidupnya nanti. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Positive Character CAMP/PCC Wujud Nyata Upgrading Karakter Positif Peserta Didik

Trending Now