Dosen Unesa Beri Pendampingan Menulis Cerita Mini

Admin JSN
05 Oktober 2023 | 23.35 WIB Last Updated 2023-10-05T16:35:57Z


Dosen Unesa Memberi Pendampingan Menulis Cerita Mini bagi Guru di Tulungagung

TULUNGAGUNG | JATIMSATUNEWS.COM: Sabtu (23/8) tim dosen Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) mengadakan kegiatan Pendampingan Penulisan Cerita Mini (Cermin) dan Publikasinya pada Media Digital bagi Guru MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Tulungagung. Kegiatan tersebut dihadiri 20 guru MGMP Bahasa Indonesia Tulungagung. Kegiatan diadakan secara luring pada 23 Agustus 2023 yang bertempat di  SMA Negeri 1 Kedungwaru, Tulungagung.

Tujuan kegiatan ini adalah memotivasi guru agar gemar menulis dengan menghasilkan karya tulis berupa cerita mini. Kualitas guru sekolah menengah atas (SMA) menjadi keharusan untuk selalu dijaga dan ditingkatkan. Salah satu kompetensi yang penting bagi guru adalah kemampuan menulis karena keterampilan itu adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa, meliputi mendengar, menyimak, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan berbahasa tersebut dibutuhkan dalam kegiatan belajar-mengajar. 

Motivasi dapat dirangsang melalui kegiatan yang menyenangkan. Hal tersebut juga berlaku dalam kegiatan menulis. Motivasi menulis dapat distimulasi dengan menulis hal-hal yang mudah dan menyenangkan. Salah satunya dengan menulis cerita mini. Berdasarkan latar belakang tersebut, kegiatan ini dilaksanakan. 

Kegiatan pendampingan yang diketuai oleh Dadang Rhubido, S.Hum., M.Hum. ini menghadirkan beberapa pakar di bidangnya, antara lain Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A., Drs. Parmin, M.Hum. dan Dr. Dianita Indrawati, S.S., M.Hum. Kegiatan pendampingan ini menghasilkan luaran berupa karya cerita mini yang dihasilkan oleh para peserta yang merupakan guru MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Tulungagung.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen Unesa Beri Pendampingan Menulis Cerita Mini

Trending Now