Ning Lia Tentang Desa Wisata Tambaksari Purwodadi Pasuruan

Admin JSN
01 September 2023 | 12.18 WIB Last Updated 2023-09-01T05:19:10Z

 


Ning Lia di Desa Wisata Tambaksari Pasuruan

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Tokoh perempuan penuh inspiratif, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, tak henti menstimulus penguatan ekonomi di berbagai sektor. Diantaranya melalui penguatan desa wisata, yaitu desa yang sekaligus menjadi destinasi wisata.  

"Sektor wisata penting, karena multiplayer effect yang luar biasa dan


dirasakan langsung oleh masyarakat," kata Khofifah, dalam Diklat Teknis Peningkatan Kapasitas SDM bagi Kepala Desa Angkatan I dan II Provinsi Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

"Terkait desa wisata biasanya bisa berkembang pesat karena kepala desanya fokus dan tekun. Setiap desa wisata akan cepat maju jika diikuti dengan inovasi inovasi baru," katanya.

Support dari Gubenur Khofifah pun tidak menjadi isapan jempol, karena kini bertaburan desa wisata di Jawa Timur. Salah satunya adalah Desa Wisata Tambaksari, Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Sebutan desa wisata ini melekat pada tanggal 31 Juli 2010, disebabkan wilayah Tambaksari yang merupakan kawasan hutan.

Seperti desa lainnya, desa pimpinan Kades Slamet ini pun memiliki tradisi sedekah bumi. Pada tahun 2023, tradisi tahunan tersebut berlangsung pada 14/8. Saat itu, berbagai tokoh masyarakat pun hadir, diantaranya Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Camat Purwodadi Sucahyono, aktivis perempuan Ning Lia Istifhama, putra daerah Gus Muhammad Hilman Mufidi, dan pengurus IKMAPAS (ikatan mahasiswa Pasuruan) yang diketuai Fahmi. 

Pada kesempatan itu, Lia istifhama yang didaulat sebagai Tokoh Perempuan Penggerak Desa Wisata, seperti biasanya menghadiahkan pantun untuk desa Tambaksari.

Bertemu kekasih pipi berseri seri 

Berharap ada kesempatan lama tuk saling memandang 

Alhamdulillah kepanggih warga desa Tambaksari 

Semoga semuanya memiliki rejeki berlimpah hidup cemerlang


Desa Tambaksari sendiri, memiliki banyak keunikan yang patut diketahui, berikut faktanya:


1.Penyanggah  Taman Nasional Bromo Tengger Semeru 

Terletak pada ketinggian 1.000Mdpl, Desa Wisata Tambaksari, Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan ini merupakan salah satu desa penyanggah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Berada di jalur jalan raya nasional Surabaya-Malang yang berdekatan dengan Kebun Raya Purwodadi membuat desa ini sangat strategis dan mudah diakses atau dikunjungi.

2.Memiliki Eksotika Gunung Arjuno 

Memiliki mayoritas penduduk yang bermatapencaharian sebagai petani, desa Tambaksari juga memiliki pesona alam yang indah dan eksotika Gunung Arjuno yang banyak terdapat situs-situs purbakala. Salah satu dusun di desa Tambaksari, yaitu Tambak Watu merupakan jalur pendakian utama menuju Gunung Arjuna yang biasa dilewati pendaki. Terdapat sendang yang menyimpan Arca Bathara Guru di dalamnya. Tempat ini juga sering dikunjungi peziarah.

Sedangkan bagi para pendaki, Desa Tambaksari dikenal sebagai desa terakhir sebelum pendaki gunung melanjutkan aksinya berhiking ria. Rute menantang, seperti naik turun, menanjak dan menikung adalah seni mendaki gunung, yang bisa didapatkan dari desa yang memiliki hamparan alam asri serta udara sejuk tersebut.

3.Disebut Meteor Tambakwatu Pasuruan

Pada tahun 1975 terjadi fenomena alam yang sangat langka yaitu jatuhnya benda luar angkasa di bumi desa Tambaksari yang kemudian dinamakan Meteor Tambakwatu Pasuruan, penemuan sungai bawah tanah yang diyakini mengandung petuah awet muda dan lancar rejeki menjadi magnet baru untuk wisatawan. Sungai bawah tanah inilah yang menjadi salah satu ciri khas Tambaksari, yaitu yang disebut wisata sumber mata air sumur gemuling.

4.Tradisi Sedekah Bumi Diikuti Arjuno Fashion Carnival

Seperti desa lainnya, Desa Tambaksari pun memiliki tradisi Sedekah Bumi. Namun, desa ini sekaligus memiliki event tahunan Arjuno Fashion Carnival  ( Kontes Kostum berbahan Organik ) yang diiringi dengan ragam kesenian Karawitan, uji ketangkasan ( Oejung ) dan Seni Bantengan, yaitu Tarian Jawa yang meniru hewan Banteng. Tentu, disertai tumpeng raksasa yang berisikan masakan ayam utuh serta kepala sapi. 


Tak heran, beragam keunikan desa Tambaksari pun, sangatlah menggoda para wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung. Alhasil, desa wisata Tambaksari pun menjadi salah satu penunjang sektor pariwisata di Kabupaten Pasuruan. ans

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ning Lia Tentang Desa Wisata Tambaksari Purwodadi Pasuruan

Trending Now