MANUSIA MENGETAHUI MAKANANNYA

Admin JSN
10 Agustus 2023 | 10.42 WIB Last Updated 2023-08-10T03:42:35Z
Oleh: Y.P.B.Wiratmoko

Artikel | JATIMSATUNEWS.COM: Untuk mempertahankan hidup badani manusia memerlukan nakanan. Sejak mengenal makanannya, mereka mengerti dan membuat makanan pokoknya seperti padi, jagung, singkong, gandum, sagu dan lain sebagainya. Mereka juga mengenal sayuran seperti daun singkong, sawi, daun pepaya dan sebagainya. Buah- buahanan pun juga telah dimakannya seperti mangga, manggis, jeruk, apel, pepaya dan lain-lainnya. 

Jauh sebelum berkembangnya ilmu pengetahuan, manusia juga menghidupi tubuh jasmaninya dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan seoerti daging dan ikan. Daging diperolehnya dengan cara berburu di hutan dan ikan diperolehnya dengan cara mencari di sungai, telaga, dan laut. Secara tradisional mereka diwarisi tentang ilmu-ilmu untuk memenuhi makanannya dari warisan nenek-moyangnya dan keluarga serta masyarakat di mana mereka berkoloni hidup bersama. Manusua telah berhasil menyekenggarakan hutan rimba dengan bantuan lewan hewan yang bisa dijinakkan seperti gajah dan anjing untuk berburu hewan di hutan yang dagingnya enak dimakan. 

Lambat laun pengetahuan nereka pun mulai berkembang. Untuk menyelenggaran kebutuhan hidup badaninya manusia telah mengenal penyelenggaraan aneka makanan yang sangat diperlukan untuk menghidupi tubuh jasmaninya dengan cara bercocok tanam, berkebun, berladang dan beternak.

Demikianlah akhirnya manusia mengenal ilmu kesehatan. Mereka mengenal aneka makanan yang baik dan yang tidak baik bagi kesehatan tubuhnya. Makanan yang bermanfaat bagi kesehatan badannya diolah sedemikian rupa untuk menjaga kelangsungan hidupnya dan sebaliknya. 

Di jaman modern dewasa ini manusia telah mengenal ribuan menu makanan. Selain untuk memenuhi standar kesehatan badannya, aneka menu makanan juga untuk menciptakan selera yang menarik rasa seenak-enaknya atau selezat-lezatnya . Tempat menyantap aneka masakan pun diselenggarakan sedemikian agar tercipta rasa aman, nyaman, tenang dan damai. Harga mahal tak menjadi soal.  Menu yang mewah terkadang agak dikesampingkan selebihnya mereka seumumnya hendak mencapai menu yang sehat. 

Citarasa khas makanan tertentu yang telah menjadi kegemarannya hendak dicarinya dan manusia tidak bisa main-main dalam hal memilih makanan yang berguna bagi kesehatan badannya ini. Salah memilih makanan bisa berakibat fatal bagi hidupnya. 


(Ngawi,10. AGUSTUS 2023)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MANUSIA MENGETAHUI MAKANANNYA

Trending Now