Kegiatan Taman Posyandu yang Diikuti Mahasiswa KKNT 22 MBKM di Desa Gedangan, Kabupaten Jombang

Admin JSN
12 Juli 2023 | 14.35 WIB Last Updated 2023-07-12T07:35:48Z

 

Taman posyandu 
ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Taman posyandu adalah area yang dirancang khusus di posyandu untuk memberikan lingkungan yang ramah anak dan menyenangkan. Tujuan dari taman posyandu adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, terutama ibu dan anak-anak, dalam program kesehatan yang disediakan oleh posyandu.

Tujuan dari Taman posyandu:

1. Mendorong perkembangan kognitif: Membantu anak mengembangkan kemampuan berpikir, berimajinasi, dan memecahkan masalah.

2. Pengembangan sosial dan emosional: Membantu anak belajar berinteraksi dengan teman sebaya, mengendalikan emosi, dan membangun hubungan yang sehat.

3. Stimulasi keterampilan motorik: Melatih gerakan halus dan kasar, seperti merangkak, berjalan, menggambar, dan menulis.

4. Pembentukan nilai dan sikap positif: Mengajarkan nilai-nilai seperti kejujuran, kerjasama, menghargai perbedaan, dan mengembangkan sikap positif terhadap belajar.

Metode Pembelajaran:

1. Pembelajaran Bermain: Anak-anak belajar melalui kegiatan bermain yang melibatkan permainan, cerita, musik, seni, dan kegiatan fisik. Metode ini memberikan pengalaman langsung yang menyenangkan dan memfasilitasi perkembangan berbagai aspek anak.

2. Pendekatan Berbasis Aktivitas: Anak-anak diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan aktif, seperti eksplorasi lingkungan, percobaan, dan berpartisipasi dalam proyek-proyek kecil. Hal ini mendorong kreativitas, inisiatif, dan pemecahan masalah.

3. Pembelajaran Kolaboratif: Anak-anak diberi kesempatan untuk bekerja sama dalam kelompok, berbagi ide, dan belajar dari teman sebayanya. Kolaborasi membantu dalam pengembangan keterampilan sosial dan kemampuan berkomunikasi.


Taman posyandu Desa Gedangan ini diikuti kurang lebih oleh 30 anak-anak usia dini 0-6 tahun. Taman posyandu ini diadakan di Pendopo Balai Desa Gedangan. Antusias ibu-ibu di Desa Gedangan untuk mengikuti kegiatan taman posyandu untuk anaknya dihitung cukup besar. Banyak kegiatan yang diadakan di taman posyandu ini seperti senam, bernyanyi, belajar berhitung, bermain permainan alat kecil, mengaji, dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan bermain dan belajar. Kegiatan taman posyandu ini diisi oleh ibu-ibu kader dari masing masing dusun yang ada di Desa Gedangan. Semangat dan antusias dari ibu-ibu kader ini yang bisa menciptakan suasana yang nyaman bagi anak anak yang mengikuti kegiatan taman posyandu ini.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kegiatan Taman Posyandu yang Diikuti Mahasiswa KKNT 22 MBKM di Desa Gedangan, Kabupaten Jombang

Trending Now