PAUD Bhineka Tunggal Ika Tumpang, Serasa Bermain di Rumah Nenek

Admin JSN
11 Juni 2023 | 06.05 WIB Last Updated 2023-06-10T23:05:34Z


 PAUD Bhineka Tunggal Ika Tumpang,  Serasa Bermain di Rumah Nenek

Berawal dari ruangan di samping rumah yang difungsikan untuk perpustakaan dengan nama RUMAH BACA PERTIWI. Berdiri kelompok bermain untuk usia 2 sampai 4 tahun bernama PAUD Bhinneka Tunggal Ika pada tanggal 17 Juni 2021.

Endang Fatmawati memulai sebagai pengajar bersama putrinya Marita ika Putri Pertiwi. Berjuang door to door untuk mencari murid. Dari hanya 3 orang kini sudah memiliki  17 siswa.

"Bagi kami ini luar biasa karena tidak ada support dari manapun,  niat memajukan pendidikan untuk anak saja yang di desa kami belum ada, 2 tahun sudah mendapatkan kepercayaan masyarakat, Alhamdulillah," cetus Endang.

PAUD ini terletak di Dusun Nongkosongo Desa Wringinsongo Kecamatan Tumpang. Berdiri di bawah naungan Yayasan Keluarga  Bhinneka Tunggal Ika. Semua pembiayaan di tanggung oleh yayasan Bhinneka Tunggal Ika  dengan kegiatan belajar dari senin sampai kamis jam 0800 sampai 10.00.


"Kegiatan belajar tidak melulu di dalam ruangan, setiap hari Kamis anak anak di ajak belajar dan bermain di luar karna PAUD ini memiliki slogan learning can happen anywhere, not just in the class room," cetus Endang.

"Pengasuh berusaha menciptakan suasana bermain dan belajar yang aman dan nyaman untuk anak serasa mereka bermain di rumah nenek," imbuhnya. 

Dijelaskan juga ada kegiatan rutin parenting setiap satu bulan sekali dengan narasumber yang berbeda agar orang tua juga ikut belajar dan mendapatkan banyak ilmu.

Bukan itu saja ada kegiatan timbang badan dan makan bersama di akhir bulan, kegiatan mengaji setiap hari selasa,  belajar bahasa Jawa dan pengenalan bahasa Inggris di hari Rabu.

"Tak lupa juga peringatan hari besar dan hari besar nasional. Kami juga mengadakan upacara hari kemerdekaan dan pawai seperti pawai hari santri dan tahun baru hijriyah. Serta kegiatan pondok Romadhon dan bagi takjil di bulan Ramadhan. Hal itu kami lakukan untuk memperkenalkan anak akan cinta tanah air dan agama," urai Endang. 


PAUD KB BHINNEKA TUNGGAL IKA Wringinsongo Kecamatan Tumpang merupakan satu satunya PAUD di desa tersebut. Makin diminati dengan konsep ramah ala asuhan nenek.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PAUD Bhineka Tunggal Ika Tumpang, Serasa Bermain di Rumah Nenek

Trending Now