Pesona Sungguhan Dari Tempat Yang Namanya Sering Mengelabuhi Orang, Yuk Buktikan Di Kawasan Wisata Ini

Biro Madura
23 Mei 2023 | 23.44 WIB Last Updated 2023-05-23T16:45:46Z
Foto: Hak Cipta Berta Alif

Oleh: Hendrini Esvi Wastiti

Artikel, | Jatimsatunews.com: Wisata alam bermacam-macam spot biasanya cukup sulit untuk ditemukan. Selain itu, tidak jarang harus menghabiskan biaya dan tenaga yang fantastis untuk bisa berkunjung. Hal itu tentunya tidak mengherankan, mengingat karenanya wisatawan juga jadi menikmati ragam keindahan alam. Lalu bagaimana untuk teman-teman yang ingin berlibur ke alam dengan beragam pemandangan indah, namun tidak cukup bisa mengeluarkan tingginya biaya maupun besarnya tenaga. 

Jangan khawatir kawan-kawan, tempat yang tentunya diimpi-impikan pecinta wisata dengan anggaran dan tenaga terbatas itu tetap ada kok. Obyek wisata ini dibuka pada tahun 2019 silam. Lokasinya berada di Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Dikenal dengan nama Sarkawi, identitas yang ternyata malahan milik kelompok pengelola dari lokasi wisatanya sendiri kawan-kawan. Sempat sepi pengunjung, dan pengelolaannya terhenti ketika wabah Covid19 melanda, tempat yang dikelola kelompok Sadar Kawasan Wisata atau Sarkawi ini, justru sekarang semakin ramai dikunjungi pelancong. 

Terdiri dari kawasan wisata Kali Tayeng, Kali Kebo, hutan pinus, dan Benteng Semeru, lengkap dengan pemandangan Gunung Semeru. Tempat indah ini sayangnya tidak cukup mudah untuk dijangkau. Lokasinya yang cukup jauh dari jalan raya, serta aksesnya yang merupakan jalan tambang, tak jarang membuat pengunjung kebingungan. 

Mengantisipasi hal itu, menurut tim pengelola Sarkawi, Berta Alif. Kelompok pengelola wisata ini memilih lebih fokus pada Jeep Lava Tour Semeru. Wisatawan akan diantar menggunakan mobil Jeep terbuka dengan melewati jalur bekas aliran lahar Gunung Semeru, hutan pinus, dan persawahan. Selain itu, kawan-kawan juga bisa menyaksikan hewan ternak seperti kerbau dan kambing di alam terbuka, pada waktu siang hari. Tetapi untuk yang satu ini, tentunya hanya akan terjadi ketika kawan-kawan sedang beruntung. 

Enggak hanya sebatas di situ kawan-kawan, keindahan tempat ini masih bisa untuk lebih dinikmati lagi. Di tempat yang bernama Kali Kebo, kalian bisa juga mendirikan tenda dan juga bermalam, loh. Pemandangannya langsung menghadap ke Gunung Semeru, tempatnya berada di tepi sungai kecil, padang rumput ala-ala, dan juga di sekitarnya ada hamparan pemandangan sawah. Lokasinya pun juga sudah sesuai dengan arahan pelindung alam, lima ratus meter dari sungai aliran lahar. 

Untuk lebih mendapat waktu terbaik saat berwisata ke Sarkawi, tentunya kita tidak bisa tanpa perencanaan saat berkunjung. Menurut keterangan Admin pengelola Jeep Lava Tour Semeru, melalui via media sosial WhatsApp kepada tim redaksi Jatimsatu News, pada hari Senin, 22 Mei 2023.

“Waktu terbaik kunjungan pagi hari, sunrise. Untuk Jeep Lava Tour, biasanya trip kita mulai jam 5.30 WiB atau jam 5.00 WIB. Jika tamu menginginkan lebih pagi.” Ungkap Berta.

Dengan uang sebesar 175 ribu untuk per orang, teman-teman sudah bisa merasakan sensasi keliling alam Sarkawi dengan menaiki mobil Jeep terbuka. Sementara cukup dengan lima puluh ribu, satu buah tenda sudah bisa kawan-kawan nikmati fasilitasnya. Lantas untuk pengunjung tanpa pemandu wisata dan yang datang hanya sekadar menumpang berfoto, pengelola tidak menetapkan biaya kontribusi, atau dengan kata lain kawan-kawan bisa liburan tanpa mengeluarkan uang sedikit pun. Namun urusannya berbeda untuk perbekalan makanan, mengingat tempat ini jauh dari pemukiman penduduk, dan juga tidak terdapat satu pun penjual makanan di sekitar lokasi. Maka dari itu, kawan-kawan wajib banget mempersiapkan bekal dari luar. Demi kesejahteraan lambung kawan-kawan, supaya lebih tenang waktu menikmati keindahan alam Sarkawi. 

Bagaimana kawan-kawan, indah untuk dibayangkan bukan? Menikmati udara pagi dari pemandangan yang masih teramat alami, merasai sensasi menaiki mobil terbuka di alam, lalu bermalam di tepi sungai kecil namun keamanan tetap terjamin?  

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pesona Sungguhan Dari Tempat Yang Namanya Sering Mengelabuhi Orang, Yuk Buktikan Di Kawasan Wisata Ini

Trending Now