Beberapa Tips Menghasilkan Bibit Cabai Berkualitas

Biro Madura
22 Mei 2023 | 20.32 WIB Last Updated 2023-05-22T13:32:16Z


Artikel | Jatimsatunews.com: Cabai merupakan kebutuhan pokok kita setiap hari, hampir 80% dari manusia dewasa suka sekali mengkonsumsi jenis sayuran ini. Cabai dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang sangat banyak sehingga cocok sebagai pendamping nasi dan sayur.

Dewasa ini sangat banyak pengeluaran anggaran rumah tangga termasuk untuk membeli bahan pokok khususnya makanan. Nah, pastinya kita akan mensiaati hal tersebut dengan memanfaatkan pekarangan kita. Meskipun sedikit tetap akan mengurangi belajaan. Apalagi jika memiliki kebun yang luas dan berbagai tanaman sayur, rempah, dan buah yang ada di dalamnya.

Kali ini akan disampaikan bagaimana cara memilih dan membuat benih cabai sendiri supaya menghemat pengeluaran, karena hasil tak kalah dari produksi pabrikan. 

Tips Memilih dan Membuat Benih Cabai Sendiri

1. Sebelum kita membuat benih cabai perlu dilakukan pemilihan bakal benih. Pilih dari indukan sehat dan valid dalam artian indukan cabai ini kita sudah tahu nama dan jenisnya

2. Pilih cabai yang sehat dan gendut, matang pohon dengan kulit yang mengkilap.

3. Potong kedua sisi jika untuk cabai yang memiliki fisik panjang. Ambil tengahnya dan kupas keluarkan isinya.

4. Setelah dikeluarkan isinya rendam dengan air rendaman kunyit tujuannya sebagai bagan pengawet untuk biji tersebut jika tidak langsung di tanam. Manfaat kunyit untuk tanaman akandi bahas dikemudian hari. 

5. Proses perendaman ini dilakukan kurang lebih 20 menitan. Dimana akan didapatkan biji yang tenggelam dan terapung. Ambil bibit yang tenggelam dan sisihkan bibit yang terapung.

6. Bibit cabai yang diapatkan sekarang boleh dijemur dalam nampan di terik panas matahari selama kurang lebih dua hari. 

7. Setelah kering benih cabai bisa langsung disemai di tray semain, pot, atau bisa juga dibungkus dalam plastik yang tertutup rapat untuk stok dan disimpan di pintu lemari es. 

Demikianlah tips-tips sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk menghasilkan bibit yang berkwalitas. Semoga bermanfaat. 

#Petani_muda_keren
#Sayursehatuntuknegeri
#ACH
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Beberapa Tips Menghasilkan Bibit Cabai Berkualitas

Trending Now