Pawai dan Festival Ramadhan Kolaborasi KKN dan SD di Begadung Nganjuk

Admin JSN
19 April 2023 | 21.45 WIB Last Updated 2023-04-19T14:49:24Z

KKN-T Kel 5 Nganjuk Adakan Pawai dan Festival Ramadhan Libatkan semua Siswa SDN 4 Begadung

NGANJUK | JATIMSATUNEWS.COM: Menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah, SDN 4 Begadung menggelar Pawai dengan melibatkan semua murid dengan membawa hiasan kreasi poster. Peserta pawai siswa kelas 1 hinga kelas 6 ini terlihat antusias mengikuti pawai. Mereka membawa sejumlah poster dan umbul-umbul yang bertuliskan Selamat Datang Ramadhan. Mereka berjalan kaki menempuh jarak kurang lebih 1 kilometer dimulai dari sekolah dilanjut menyelusuri jalanan di sekitar wilayah kelurahan Begadung. 


Pawai Gebyar Ramadhan merupakan salah satu program kerja tambahan yang dilaksanakan oleh kelompok KKN-T Nganjuk 5 Asistensi Mengajar pada siswa-siswi SDN 4 Begadung. Pawai ini digelar untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Kegiatan ini dimeriahkan oleh seluruh siswa dan siswi SDN 4 Begadung dengan mengenakan busana muslim dan membawa properti pendukung pawai seperti plakat yang berisikan ucapan menyambut bulan ramadhan. Selain itu, pawai gebyar ramadhan juga diiringi hadrah dengan berkeliling kampung.


"Tujuan dari pawai gebyar ramadhan yaitu bertujuan untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Selain itu, juga bertujuan sebagai ajang silaturahmi dan mempererat persaudaraan secara langsung antara warga sekolah dengan warga sekitar," ujar Amelia, Ketua Kelompok 5 KKN-T Nganjuk.


Kepala Sekolah SDN 4 Begadung, Bapak Darsono, mengatakan “Kita menyelenggarakan pawai menyambut ramadhan 1444 H. Kami mengajak anak-anak bagaimana mengintepretasikan diri kita untuk menyambut Ramadhan, masing-masing anak-anak membawa kreativitas dan poster dengan gembira melaksanakan kewajiban puasa tanpa paksaan, pawai ini diikuti kurang lebih sebanyak 100an siswa,”  


Pawai gebyar ramadhan ini dapat menjadi momentum sosial untuk mempererat kerukunan persaudaraan atau ukhuwah islamiyah antara sesama warga sekolah dengan warga sekitar. Selain itu, pawai gebyar ramadhan juga menjadi ajang syiar Islam ke tengah masyarakat tentang ajaran Islam yang aman, damai dan saling menjaga toleransi antar sesama muslim.


Selain pawai, pada hari-hari puasa berikutnya, KKN Kelompok 5 juga mengadakan Festival Ramadhan.  Festival Ramadhan merupakan program tambahan yang dilaksanakan oleh kelompok KKN-T Nganjuk 5 Asistensi Mengajar. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadakan bertepatan pada bulan puasa atau Ramadhan. Festival Ramadhan ini dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut dengan diisi oleh kegiatan pembelajaran menggunakan buku pondok romadhon yang nantinya akan diajarkan dan dibimbimbing oleh teman- teman kelompok KKN-T. Selain pembelajaran, juga terdapat kegiatan lomba yang dapat diikuti secara individu dan berkelompok. Lomba yang diagendakan yakni seperti lomba pildacil, lomba kaligrafi, lomba adzan dan lomba cerdas cermat islam. Pada hari akhir penutup kegiatan Festival Ramadhan ini juga diadakan kegiatan buka bersama yang diikuti oleh seluruh siswa, guru dan juga kelompok KKN-T. Pelaksanaan kegiatan Festival Ramadhan ini yakni tanggal 4-6 April 2023 bertempat di SDN 4 Begadung.


Menurut Tarisa, salah satu anggota KKN-T Kelompok 5 Nganjuk Output dari kegiatan festival ramadhan ini adalah untuk memeriahkan bulan ramadhan yang sekaligus menambah dan menguji pengetahuan khususnya terkait literasi melalui lomba cerdas cermat islam dan pildacil. Siswa dan siswi SDN 4 Begadung mengikuti berbagai kegiatan ataupun lomba yang dimeriahkan secara bersama sama. Dengan harapan siswa dan siswi mampu mengamalkan ajaran agama islam dengan lebih baik lagi kedepannya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pawai dan Festival Ramadhan Kolaborasi KKN dan SD di Begadung Nganjuk

Trending Now