DUA GEMPA GUNCANG TURKI, BANGUNAN LULUH LANTAK DI TURKI-SURIAH

08 Februari 2023 | 05.46 WIB Last Updated 2023-02-10T10:26:23Z



Gempa dengan magnitudo (M) 7,8 mengguncang kota Pazarcik, sebelah barat provinsi Gaziantep. Gempa bumi terjadi pada Senin, 6 Februari 2023, pukul 04:17 waktu setempat (01:17 UTC). Sembilan jam kemudian, gempa susulan berkekuatan 7,6 berpusat di kota Elbistan. Kedua kota tersebut terletak di provinsi Kahramanmaras, Turki selatan.

Gempa bumi juga terasa di 9 provinsi lainnya. Yaitu Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, hingga Sanliurfa. Akibatnya, lebih dari 3.800 orang tewas dan 20.426 lainnya terluka di 10 provinsi Turki. Bangunan di tenggara Turki dan Suriah juga banyak yang luluh lantak ikut diterjang dua gempa.

Guncangan gempa juga dirasakan di Siprus yang berada di Laut Tengah atau Mediterania, Lebanon yang berbatasan dengan Suriah, dan Mesir. Para warga memeriksa bangunan-bangunan yang roboh akibat gempa bumi hebat. Dikhawatiran jumlah korban terdampak gempa terus meningkat.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi di Turki kemungkinan akan menjadi salah satu bencana yang paling mematikan. Turki berada di jalur gempa yang termasuk paling aktif di dunia. Demikian karena terletak di persimpangan tiga lempeng tektonik yang membentuk kerak bumi.(QIA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DUA GEMPA GUNCANG TURKI, BANGUNAN LULUH LANTAK DI TURKI-SURIAH

Trending Now